Berita

Apple Salahkan Baterai atas Meledaknya Headphone Beats

Beberapa waktu lalu, ramai dibicarakan sebuah headphone Beats meledak saat digunakan oleh seorang wanita di pesawat dalam penerbangan dari Beijing menuju Melbourne. Ledakan headphone tersebut membuat wajah si wanita terbakar dan gosong, termasuk tangan dan rambutnya.

Apple Salahkan Baterai atas Meledaknya Headphone Beats

Pihak Apple memang tidak langsung menanggapi ledakan tersebut, namun sepekan ini mereka pun angkat bicara, pasalnya Beats telah diakuisisi oleh Apple sejak 2014 lalu. Menurut perusahaan asal Amerika itu, ledakan headphone bukanlah kesalahan Apple dan mereka menolak untuk membayar kompensasi dalam bentuk apapun.

Laporan investigasi Apple menyebutkan bahwa headphone Beats meledak karena tersemat baterai dari pihak ketiga. Sebagai informasi, headphone ini diketahui menggunakan baterai AAA. Yang sedikit membingungkan, sejak diambil alih oleh Apple, Beats tidak pernah meluncurkan headphone yang disokong baterai AAA. Sehingga, bisa disimpulkan jika headphone yang dipakai korban memang benar bermerk Beats, bisa jadi itu adalah produk lawas.

Wanita yang menjadi korban juga mengatakan bahwa headphone tersebut dimilikinya sejak 2014 dan baterainya ia beli di Australia. Di samping baterai yang dianggap menjadi masalah, penyebab lainnya masih belum jelas kenapa headphone bisa sampai meledak. Saat itu, si korban sedang memakai headphone untuk mendengarkan lagu dalam perjalannya menuju Australia. Ia sedang tertidur ketika headphone Beats itu tiba-tiba meledak.

Artikel menarik:  G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

Para penumpang di sekeliling wanita tersebut pun terkejut dan sempat panik setelah mendengar suara ledakan. Sementara wanita yang tak disebutkan namanya itu mendadak terbangun dan merasakan jika wajahnya mulai panas dan terbakar. Headphone yang meledak itu kemudian dilemparnya ke lantai pesawat dengan cepat. Untungnya kru penerbangan langsung tanggap dan memadamkan percikan apinya dengan siraman air.

Menurut korban, headphone Beats itu tidak dapat berfungsi jika tidak ada baterai dan juga tidak ada informasi tambahan atau dalam paket penjualannya, yang menuliskan merk baterai apa yang seharusnya dipakai. Tetapi yang jelas, tidak lama dari kejadian ini, badan keamanan transportasi Australia mengeluarkan sebuat peraturan baru. Dalam aturan tersebut tertulis bahwa baterai harus dibawa dalam tempat penyimpanan yang memenuhi syarat berlaku, kecuali saat sedang digunakan.