Apple Pangkas Komisi Afiliasi Khusus Konten Aplikasi

Pada hari Rabu tanggal 25 April 2017, Apple mengumumkan kabar buruk untuk semua rekan App Store yang bergabung dalam “The Affiliate Program”, yakni perubahan komisi dari setiap aplikasi dan in-app purchase yang sebelumnya dari 7% menjadi 2.5%. Perubahan komisi yang sangat menurun ini akan berlaku mulai 1 Mei 2017. Pengumuman tersebut dikirim melalui email kepada semua pelanggan di Affiliate Program yang diketahui pertama kali oleh David Barnard.

Apple Pangkas Komisi Afiliasi Khusus Konten Aplikasi

Sesuai dengan pengumuman yang diberikan, perubahan besaran komisi akan berlaku secara global dan hanya untuk konten aplikasi dan in-app purchases. Konten lainnya seperti musik, buku, film dan TV masih tetap menggunakan komisi 7% sama seperti sebelumnya. Apple juga tetap melanjutkan program komisi bagi pendaftaran Apple Music pertama kalinya dengan komisi sebesar 50%.

Bukan hanya pengumuman itu saja, Apple juga memberikan update lainnya seputar Affiliate Program yakni halaman Getting Started yang lebih simpel untuk semua orang yang ingin bergabung. Kemudian program Overview untuk memeriksa bagian laporan pendapatan, membuat tautan, serta beberapa hal lain yang hadir dengan settingan lebih kompleks.

Artikel berhubungan:  iPhone Akan Gunakan LiFi Sebagai Pengganti WiFi

Aturan baru pangkas komisi afiliasi ini hanya berdampak ke para rekanan saja. Mereka antara lain seperti para reviewer aplikasi dan pemilik situs atau blog. Melalui platform mereka masing-masing, mereka akan mempromosikan layanan-layanan di App Store supaya di unduh oleh masyarakat. Alhasil, uangnya yang di dapat akan masuk ke Apple dan para developer secara mayoritas.

Para rekanan ini sebetulnya mempunyai peran yang besar dalam hal marketing aplikasi serta konten lainnya di AppStore. Tanpa mereka, mungkin aplikasi tersebut terunduh lebih lambat. Salah satu rekanan Apple adalah Tim MakeMac. Mereka juga cukup kecewa dengan keputusan Apple untuk memotong pendapatan mereka menjadi 2.5% saja.

Karena tak bisa dipungkiri, nilai tersebut sangat kecil bahkan pengumuman yang diberikan Apple sangat mendadak, hanya kurang dari sepekan. Berbagai keluhan-keluhan juga di alami oleh para blogger lainnya yang termasuk Affiliate Program yang mengandalkan komisi Apple sebagai pemasukan tambahan.