Berita

Apple iPhone X Hadir, Tanpa Bingkai & Tombol Home!

Setelah mengumumkan iPhone 8 dan 8 Plus, CEO Apple juga turut menghadirkan satu perangkat lagi di atas panggung peluncuran Steve Jobs Theatre, Apple Park Campus, Cupertino, AS. Para tamu undangan pun menyambutnya dengan sorakan tak sabar. Perangkat yang dimaksudkan adalah iPhone X. Apple iPhone X hadir dengan tanpa bingkai dan tombol home.

Bisa dikatakan, perangkat iPhone X atau dibaca dengan iPhone Ten sebagai varian yang benar-benar berbeda dari sebelumnya sehingga menandai satu dekade kiprah sang raksasa di industri smartphone. Hal ini merupakan lompatan terbesar sejak iPhone pertama kali diperkenalkan.

Salah satu yang paling menonjol dari iPhone X ialah desainnya yang berbingkai tipis atau bezel less berukuran 5,8 inch. Bahkan, layar depannya tampak tak terbatas seperti Xiaomi Mi Mix. Kemudian, layar ini dimungkinkan jenis OLED yang pertama kali disematkan pada iPhone. Bodinya pun terbalut stainless steel layaknya iPhone 8 dan 8 Plus.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, iPhone X tidak lagi mempunyai home button. Untuk memulai navigasi, pengguna cukup menyapu layar ke atas. Terdapat pula tombol fisik di sisi kanan yang berfungsi untuk berbicara dengan asisten digital Siri. Bukan hanya itu, tampilannya juga mengusung Super Retina yang diklaim membawa kontras terbaik, resolusi warna, dan warna lebih beragam, kaya, dan akurat.

Fitur terbaru pada iPhone X adalah Face ID atau pengenal wajah untuk membuka kunci ponsel sehingga pengguna tidak perlu lagi memassukkan passcode atau memindai sidik jari, melainkan hanya mengarahkan wajah ke kamera depan. Selain itu, Apple juga menghadirkan emoji bergerak yang disebut dengan ‘animoji’.

Artikel menarik:  Qualcomm Snapdragon 845 Rilis, Chipset Mobile Terbaik Saat ini!

Mengenai kamera, iPhone X mengusung sensor yang sama dengan iPhone 8 Plus yaitu dual 12 MP. Keduanya juga sudah disematkan stabilisator alias OIS untuk setiap lensanya. Kamera selfie pun telah ditingkatkan. Apabila pada iPhone 8 Plus memiliki fitur portrait lighting di sisi belakang, maka iPhone X, fitur ini bisa pula dilakukan untuk selfie.

Berikut ini spesifikasi lengkap iPhone X:
Dimensi
143.6mm x 70.9 x 7.7 mm
Berat 174 gram
Layar 5.8-inch OLED True Tone (bezel-less), dengan resolusi 2436 x 1125 pixel pada kerapatan 458 ppi, brightness 625cd/m2, rasio kontras 1,000,000:1 (Super Retina display)
Prosesor six-core A11 Bionic dengan arsitektur 64-bit, neural engine, dan motion coprocessor M11
RAM 3 GB
Memori 64GB atau 256 GB
Kamera belakang dual-camera, dual OIS. Pertama 12 MP, bukaan f/1.8 (wide). Kedua 12 MP, bukaan f/2.4 (tele). Optical zoom sampai 2x, enam elemen lensa
Kamera depan 7 MP dengan bukaan f/2.2
Koneksi Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac Wi?Fi with MIMO LTE Advanced Bluetooth 5.0
Sistem operasi iOS 11
Port Apple EarPods dengan Lightning port
Baterai 21 jam (telepon), 12 jam (internet), 13 jam (video playback), hingga 60 jam (audio playback)
Fitur Face ID, animoji, fast-charging (50 persen dalam 30 menit), dukungan AirPods, anti air dan debu IP67, wireless charging
Harga Sekitar 13 jutaan – Rp 15 jutaan