Seputar Tekno

Aplikasi Pembuat Vector Art Terbaik di Android

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan mengenai aplikasi pembuat vector art terbaik di Android, dimana salah satu seni menggambar tersebut sedang populer di kalangan anak muda. Namun sebelum mengetahui apa sajakah aplikasi itu, lebih baik jika Sobat Gaptex mengenal apa maksud dari istilah vector art.

Pengertian Vector Art
Vector Art adalah seni yang berdasarkan pada teknik, bukan gaya. Mungkin istilah yang lebih baik adalah “seni berbasis vektor,” yang berarti seni diciptakan dalam program berbasis vektor. Seni vektor terdiri dari menciptakan jalur dan titik dalam sebuah program seperti Illustrator atau Freehand. Program ini menciptakan sebuah hubungan antara titik dan jalur ini. (Baca juga: Apa itu Adobe Photoshop?)

Sedangkan vektor sendiri merupakan suatu objek yang dapat diukur untuk menjaga proporsi dan kualitasnya bila berukuran naik atau turun. Vektor dapat didefinisikan sebagai benda padat, dan dapat dipindahkan secara penuh, atau dikelompokkan bersama dengan benda lain. Vektor juga dapat didefinisikan dengan data matematis dan numerik. Jadi vector art adalah segala sesuatu yang diciptakan di Illustrator, Freehand, Corel Draw, Flash atau program ilustrasi vektor lainnya.

Vector Art juga menjadi suatu karya seni dalam bentuk produk grafis yang proses kerjanya dibantu oleh perangkat gadget, dimana grafis vektor menggunakan titik 2 dimensi berupa poligon untuk merepresentasikan gambar pada grafis komputer. Masing-masing titik ini memiliki posisi pada sumbu x dan y dari bidang pekerjaan, maka setiap jalur dapat diberikan berbagai atribut, termasuk nilai seperti warna stroke, bentuk, kurva, ketebalan, dan warna isi.

Saat ini, grafis vektor banyak diminati dibandingkan dengan produk grafis bitmat atau raster, salah satu bitmap dan perbedaan vektor yang paling penting adalah gambar tidak akan “pecah” saat di perbesar sehingga sangat ideal untuk produk yang akan dicetak seperti spanduk.

Apalagi, pembuatan desain vektor sangat praktis, selain banyaknya software yang bisa digunakan pada komputer untuk membuat desain vektor, perangkat lunak yang bisa di pakai pada perangkat Android pun cukup banyak. Berikut ini kami tuliskan dua cara mudah membuat vector art di Android dengan menggunakan dua software favorit para desaigner vector.

1. Skedio
Skedio mengusung tema yang berisi “Easy Vector Design”, dimana penggunaanya memang sangat mudah bagi pengguna untuk membuat desain vektor berkualitas tinggi di Android. Skedio memiliki mesin vektor yang kuat, sehingga setiap objek, dari garis sederhana hingga kurva dengan bentuk bebas kompleks atau label teks, sanggup dieditnya secara independen.

Ukuran, bentuk dan posisi suatu benda bisa diatur dengan tepat untuk menemukan hasil karya yang indah. Skedio menjadi perantara antara membuat sketsa aplikasi dengan alat pengeditan terbatas dan perangkat lunak perancangan kompleks dengan menargetkan perancang grafis komputer profesional.

Beberapa fitur menarik Skedio meliputi:
– Skedio menyiapkan berbagai gaya sketsa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.
– Alat lengkap untuk membentuk kurva bebas, bentuk geometris, serta teks.
– Alat yang lengkap untuk pengeditan bentuk yang tepat berdasarkan kurva dan garis.
– Transformasi dan modifikasi umum seperti rotasi, penskalaan, flipping, duplikasi.
– Dilengkapi juga dengan alat penghapus intuitif.
– Berbagai gaya garis putus-putus dan tanah panah dalam berbagai varian.
– Operasi layer seperti membuat layer naik ke satu lapisan di atasnya atau di bawahnya, dan seterusnya.
– Dilengkapi dengan fitur undo dan redo.
– Dukungan pena aktif bertekanan tinggi (seperti Samsung S-Pen).
– Pan dan zoom dengan menggerakkan dua jari.
– Ukuran kanvas tak terbatas untuk kreativitas tak terbatas.
– Berbagi gambar sketsa sebagai gambar PNG.
– Kemampuan ekspor dan impor untuk transfer antar perangkat.
– Ekspor tanpa watermark (premium).
– Ekspor dengan latar belakang transparan (premium).
– Ekspor ke format SVG (premium).
– Pemilihan warna tingkat lanjut (premium).
– Mengelompokkan objek (premium).

Artikel menarik:  Apa itu Sina Weibo?

2. Adobe Illustrator Draw
Siapa yang tidak tahu dengan perusahaan Adobe Inc., dimana setiap produknya sangat terkenal terutama dalam hal perangkat lunak grafis, seperti Photoshop, Illustrator, dan lebih. Sedangkan untuk kebutuhan grafis vektor, Adobe menawarkan Adobe Illustrator secara komersial (berbayar) untuk platform Windows, namun untuk platform Android, Adobe Inc. melalui akun ‘Adobe’ resmi di Google Play Store yang menyediakan Adobe Illustrator Draw bagi Anda untuk diunduh, diinstal dan kemudian menggunakannya secara gratis.


Kelebihan dari Adobe Illustrator ini tidak diragukan lagi oleh para desainer grafis profesional dan bahkan amatir pemula, begitu juga dengan Adobe Illustrator Draw. Berikut ini beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi ini:

– Zoom sampai 64 kali untuk menerapkan detail lebih baik, dengan kualitas perangkat (terutama layar) sangat menentukan.
– Buat sketsa dengan lima jenis ‘pena’ berbeda dengan opacity, warna dan ukuran yang bisa diatur untuk berbagai bentuk.
– Bekerja dengan banyak gambar dan lapisan gambar seperti versi Adobe Illustrator Windows (desktop).
– Ganti nama, duplikat, gabungkan dan atur setiap lapisan untuk mempermudah pengorganisasian.
– Masukkan bentuk dasar atau bentuk vektor dari Adobe Capture CC.
– Mengirim file yang bisa diedit oleh Adobe Illustrator atau file .PSD yang bisa di edit Adobe Photoshop di Windows (desktop).
– Anda juga dapat memanfaatkan layanan Cloud Creative lainnya seperti:
– Adobe Stock untuk mencari gambar bebas royalti berkualitas tinggi.
– Creative Cloud Library untuk mendapatkan akses aplikasi yang mudah ke perangkat Anda termasuk gambar dari Adobe Stock, foto yang Anda proses di Adobe Lightroom, atau bentuk berbasis vektor yang dibuat di Capture CC.
– Adobe CreativeSync untuk memastikan file, font, aset desain, pengaturan dan lebih langsung muncul dimanapun Anda membutuhkannya.
– Anda juga bisa mempublikasikan karya Anda ke komunitas kreatif Behance atau membagikannya melalui Facebook, Twitter, dan email.