Apa yang Dimaksud dengan Bug?

Saat seseorang bermain game online, ada suatu Bug pada map permainan atau ada pula seorang programmer yang menemukan suatu Bug pada suatu aplikasi. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Bug itu? Bagi Sobat Gaptex yang baru memasuki dunia Linux atau GNU mungkin bertanya-tanya pengertian Bug itu bukan? Maka dari itu, silahkan membaca artikel ini yang akan mengulas Bug secara lengkap.

Apa yang Dimaksud dengan Bug

Bug, dalam Bahasa Indonesia-nya adalah serangga pengganggu. Tetapi dalam dunia teknologi, Bug ialah sebuah kesalahan atau cacat pada hardware maupun software yang menyebabkan peranti tersebut tidak bisa berjalan dengan normal. Namun, Bug berbeda dengan virus yang bisa mematikan langsung system pada suatu komputer ataupun perangkat gadget lainnya.

Baca Juga: 7 Macam Serangan Virus & Tindak Kejahatan di Internet

Software dan hardware termasuk perangkat buatan tangan manusia yang pastinya memiliki kesalahan tertentu sehingga menyebabkan software atau hardware tersebut tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya. Sebenarnya, istilah ‘Bug’ sudah digunakan oleh para tukang servis dan insinyur sebelum era computer.

Bahkan, seorang Insinyur Amerika pun menyebutkan Bug sebagai kekurangan kecil dalam mesin sejak lebih dari satu abad lamanya, Sementara itu, tokoh legendaris Thomas Edison pernah mengatakan mengenai Bug dalam sirkuit listrik tahun 1870-an. Semakin banyak pakar yang menyebutkan bahwa kesalahan pada suatu permasalahan adalah Bug, maka istilah ini pun semakin kerap digunakan hingga sekarang.

Artikel berhubungan:  Apa sih CAPTCHA itu?

Kemudian, istilah Bug mulai muncul dalam dunia komputasi pada awal 1940-an. Saat itu, seorang pekerja menemukan Bug pada perangkat keras dan program yang tengah berjalan. Sejak inilah, istilah Bug jadi kerap digunakan saat seseorang mengalami masalah pada perangkat komputernya, dan seiring berjalannya waktu, Bug terus diucapkan meski terjadi kesalahan pada smartphone.

Jadi intinya, Bug adalah suatu kesalahan kecil pada sebuah software, hardware maupun program yang menyebabkan peranti tersebut tidak bisa berjalan dengan semestinya. Jika Anda menemukan sebuah Bug pada software, Anda dapat memperbaiki Bug tersebut dengan melakukan DeBugging. DeBugging ini ialah tindakan untuk memperbaiki Bug.