Apa sih Kelebihan Layar Lengkung Pada Ponsel?

Setelah LG dan Samsung meluncurkan ponsel layar lengkungnya, tersiar kabar bahwa iPhone juga berencana untuk membuat versi layar lengkung di tahun 2014 mendatang. Pertanyaannya, apa sih sesungguhnya kelebihan dari layar lengkung itu sampai-sampai berbagai vendor seperti berlomba-lomba membuatnya? Jika Anda bingung menjawab pertanyaan ini, Gaptex akan coba menjelaskannya untuk Anda.

kelebihan ponsel layar lengkung

Tak hanya sekedar untuk gaya-gayaan, layar lengkung ternyata memiliki berbagai macam kelebihan dan fungsi yang tidak dimiliki oleh layar datar seperti yang selama ini dikenal.

Berikut rangkuman beberapa kelebihan layar lengkung pada smartphone :

1. Lebih nyaman dipegang : percaya atau tidak, riset mendalam yang dilakukan berbagai vendor menunjukkan kalau layar lengukung lebih bersahabat dengan genggaman tangan dibandingkan layar datar.
2. Lebih hemat baterai : bentuk fisik ponsel layar lengkung yang bersifat mengurangi pantulan cahaya akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih sedikit karena secara otomatis tingkat kecerahan layar yang dibutuhkan juga akan menurun.
3. Fitur Roll Effect : pengguna dapat melihat informasi pada ponsel seperti notifikasi, waktu dan lain sebagainya dengan lebih mudah ketika home screen mati. Fitur ini terdapat dalan ponsel layar lengkung Samsung Galaxy Round.
4. Efek Optis : lengkungan akan mengurangi pantulan cahaya sehingga tercipta efek optis bagi mata penggunanya. Tampilan diklaim akan jauh lebih mumpuni dengan sturasi warna yang lebih berkualitas.

Artikel menarik:  5 Smartphone Tangguh Untuk Pekerja Lapangan

Tentu saja, kehadiran layar lengkung tak serta-merta mendapatkan sambutan yang positif karena berbagai kalangan bersikap skeptis terhadapnya. Beberapa kekurangan ponsel layar lengkung seperti harganya yang jauh lebih mahal dan faktor kebiasaan baru yang enggan untuk diadaptasi oleh pengguna yang sudah terlanjur terbiasa dengan layar datar dianggap sebagai kendala utama penggunaannya secara lebih luas.

Meski demikian, kehadiran ponsel layar lengkung dari Apple iPhone maupun vendor lainnya layak untuk dinantikan. Seiring berjalannya waktu, fitur layar lengkung akan menunjukkan sendiri sejauh mana ia memiliki manfaat dan akan diterima oleh masyarakat.

Semoga mencerahkan!