Apa sih CAPTCHA itu?

Ketika berselancar di dunia maya, Anda pasti kerap menemui form tambahan yang harus diisi yang bernama CAPTCHA. Biasanya CAPTCHA merupakan gambar yang berisi huruf atau angka yang harus Anda salin kembali. Pertanyaannya, apa sih CAPTCHA itu? Mengapa ia ada dan buat apa? Temukan jawabannya disini.

pengertian captcha

CAPTCHA merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart, juga dikenal dengan Human Interaction Proof. Secara sederhana, CAPTCHA merupakan sebuah tes yang diberikan untuk mengetahui apakah Anda manusia asli atau robot.

Tentu saja, bagi manusia, mengisi form CAPTCHA bukanlah perkara sulit karena Anda hanya perlu memasukkan susunan angka/huruf dengan tepat. Jika salah, sistem secara otomatis akan minta Anda untuk mengulang memasukkan CAPTCHA kembali. Biasanya CAPTCHA akan dirubah.

Fungsi CAPTCHA
CAPTCHA dibuat untuk menghindari akses yang tidak seharusnya terjadi. CAPTCHA dapat mengantisipasi robot yang dibuat oleh manusia untuk mengelabui sistem. Sebagai contoh, dengan software robot, maka setiap orang dapat membobol password milik orang lain secara otomatis dengan memasukkan kombinasi password secara acak. Dengan CAPTCHA, akses tersebut dibatasi karena tambahan 1 parameter yang tidak bisa dilakukan robot.

Artikel menarik:  Mengenal UC Browser

CAPTCHA juga memiliki fungsi penting untuk memerangi spam dan penyerangan sebuah database. Saat ini, CAPTCHA diadopsi oleh hampir seluruh website untuk melindungi diri mereka dari aksi-aksi yang tidak bertanggungjawab.

So, berterimakasihlah kepada CAPTCHA setiap kali menemuinya, karena dengan sederhana ia telah melindungi kita semua.