Apa Perbedaan MacBook dan MacBook Air?

Sobat Gaptex, Anda tentu sudah tahu bahwa MacBook dari Apple menawarkan kualitas yang sebanding dengan harga produknya. Produk ini bisa dikatakan masih yang terbaik di pasar komputer. Beberapa orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki MacBook, padahal ada produk sejenis lain dengan harga lebih terjangkau, seperti laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Pada tulisan sebelumnya, kita pernah membahas kelebihan yang dimiliki MacBook dibandingkan Windows. Dan pada tulisan ini, kita akan mengulas beberapa perbedaan yang dimiliki oleh MacBook dan MacBook Air.

Apa Perbedaan MacBook dan MacBook Air

Port yang terpasang
Jika Anda ingin menghubungkan perangkat dengan beberapa perangkat lain dalam waktu bersamaan, hal ini mungkin dilakukan jika Anda menggunakan MacBook maupun MacBook Air. Hal ini dikarenakan MacBook dilengkapi port tambahan jenis USB Type-C, sementara MacBook Air dilengkapi dua port tambahan jenis Thunderbolt dan MagSafe 2. Hanya saja, Anda perlu membeli adapter tambahan dari Apple seharga kurang lebih $79 jika ingin menghubungkan MacBook dengan dua perangkat dalam waktu bersamaan sebab fungsi port yang dimiliki tidak sama dengan MacBook Air. Anda tidak bisa melakukan sinkronisasi sekaligus charging dengan MacBook. Akan tetapi dengan MacBook Air, hal tersebut mungkin dilakukan sebab port MagSafe 2 juga berfungsi untuk charging. Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan monitor eksternal sambil melakukan charging terhadap perangkat iPhone dengan MacBook Air. (Lihat review produk MacBook lainnya disini)

Kekuatan layar
Apple membekali fitur Retina Display pada sejumlah produknya untuk meningkatkan resolusi layar sehingga memberikan bentuk visual yang lebih tajam. Dalam hal kekuatan layar ini, MacBook Air sedikit tertinggal dibandingkan MacBook. Hal ini bisa dilihat dari produk MacBook Air dengan layar 11 dan 13 inci yang resolusinya masih lebih rendah dimana layar 13 inci memiliki resolusi 1440 x 900 piksel. Sedangkan MacBook, resolusi layarnya lebih tinggi dimana layar 12 inci yang dimiliki MacBook menawarkan resolusi 2304 x 1440 piksel. Sebagaimana diketahui, ukuran piksel yang lebih besar akan memberikan tampilan gambar lebih jernih dan terasa lebih nyaman di kedua mata.

Kecepatan prosesor
Dapur pacu sebuah laptop ditentukan oleh kekuatan prosesor. Apple membenamkan prosesor Intel Core M ke dalam MacBook yang didesain untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengatur temperatur perangkat agar tetap stabil. Dengan prosesor yang dimaksud, MacBook dapat bekerja hingga kecepatan 1.3 GHz. Meski demikian, prosesor tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan MacBook Air yang dibekali Apple dengan prosesor Intel Core i5/i7 dengan kecepatan mencapai 1.6 GHz untuk Intel Core i5 dan 2.2 GHz untuk Intel Core i7. Bagi kebanyakan orang, kecepatan prosesor ini tidak terlalu dirasa perbedaannya. Akan tetapi jika Anda termasuk orang yang menggunakan komputer jinjing dengan pekerjaan multi tasking seperti Photoshop dan iMovie, kecepatan prosesor ini menjadi penting untuk dipertimbangkan.

Artikel berhubungan:  5 Faktor Penyebab Keyboard Mudah Rusak

Kapasitas baterai
Berbagai varian produk Apple dikenal dengan kapasitas baterai yang memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan produk dari vendor lain. Baterai yang dimiliki MacBook mampu memberikan daya tahan hingga 10 jam untuk penggunaan internet. Kemampuan ini hampir setara dengan MacBook Air layar 11 inci. Namun jika dibandingkan dengan MacBook Air layar 13 inci, jelas terlihat bahwa MacBook Air lebih unggul dalam hal kapasitas baterai. MacBook Air layar 13 inci mampu bertahan sedikit lebih lama hingga 12 jam untuk berinternet. Perbedaan 2 jam ini tentu sangat berarti, terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar bepergian.

Desain tipis dan ringan
Dengan berat sekitar 0,92 kg dan ketebalan 1,3 cm, MacBook bisa dikatakan lebih tipis dan lebih ringan jika dibandingkan dengan MacBook Air yang memiliki berat 1,08 kg dan ketebalan 1,7 cm.

Kesimpulan
Para produsen menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dalam hal ini, MacBook lebih cocok digunakan sebagai produk standar, artinya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki rutinitas tidak terlalu padat. Sementara itu bila Anda menginginkan kinerja yang lebih cepat dan baterai lebih tahan lama, MacBook Air bisa menjadi alternatif pilihan untuk teman kerja Anda. MacBook Air lebih sesuai untuk pekerjaan yang membutuhkan kinerja prosesor tinggi.