Seputar Tekno

Apa Itu WPS (Wireless Protected System)?

Jika menggunakan akses koneksi Wi-Fi, Anda akan menemukan tombol dan lampu indikator untuk WPS pada modem yang digunakan. Salah satu fungsi WPS adalah memudahkan Anda untuk menambahkan perangkat baru ke jaringan nirkabel tanpa perlu mengingat password. Satu tombol koneksi dapat digunakan antar perangkat dengan router secara cepat dan mudah. Anda bisa mengaktifkan fitur WPS dengan tombol tersebut, namun pada router tertentu, WPS sudah diaktifkan secara default.

Apa Itu WPS (Wireless Protected System)

WPS atau wireless protected system adalah program sertifikasi opsional yang dirancang untuk mengatur jaringan keamanan nirkabel di rumah dan lingkungan kantor kecil. Pada beberapa router, WPS dikenal juga dengan istilah QSS atau quick secure setup karena dapat membantu Anda untuk menambahkan perangkat baru ke jaringan dengan cepat. WPS yang sebelumnya disebut Wi-Fi Simple Config ini juga merupakan sistem koneksi untuk menghubungkan perangkat baru dengan jaringan WLAN.

WPS hanya bekerja untuk perangkat yang mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2. WPS tidak bekerja untuk perangkat yang mendukung keamanan WEP. Pada umumnya, Anda dapat menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi dengan memasukkan nama jaringan dan password. WPS mengubah sistem tersebut dengan menjadikan proses lebih mudah tanpa menggunakan password. WPS diperkenalkan pada tahun 2007 oleh Wi-Fi Alliance, sebuah organisasi global yang mengembangkan teknologi dan melakukan sertifikasi Wi-Fi. WPS support dengan beragam sistem operasi, seperti Windows dan Android.

Artikel menarik:  Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Cara kerja WPS dapat diketahui dengan dua pendekatan. Pertama, melalui push button atau menekan tombol konfigurasi WPS. Dengan demikian, Anda terlebih dulu harus memastikan bahwa perangkat yang akan dihubungkan support dengan fitur WPS. Sebagai contoh, Anda harus menyalakan terlebih dulu fitur Wi-Fi yang terdapat pada smartphone. Melalui menu pengaturan Wi-Fi, aktifkan tombol tekan WPS, lalu dilanjutkan dengan menekan tombol QSS pada modem atau router. Kedua perangkat akan saling mendeteksi satu sama lain.

Pendekatan yang kedua adalah entry PIN atau personal identification number. PIN diperlukan untuk menjamin keaslian perangkat atau mencegah masuknya perangkat yang tak diinginkan. PIN akan melakukan enkripsi data dan autentikasi perangkat. Melalui menu pengaturan Wi-Fi, aktifkan entri PIN WPS, lalu beralih memasukkan PIN yang ditampilkan ke menu QSS pada router yang digunakan. Setiap perangkat yang terdeteksi WPS mode akan meminta pengguna untuk memasukkan PIN supaya bisa tergabung dalam jaringan.

Semoga bermanfaat!