Apa Itu VMware?

VMware adalah sebuah perusahaan penyedia software virtualisasi dan cloud computing untuk komputer-komputer x86. Meski demikian, istilah VMware juga sering digunakan untuk merujuk secara spesifik pada produk mereka, seperti VMware Workstation, VMware vCloud Director, VMware View, dan lain-lain.

Apa Itu VMware

VMware Inc. bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Didirikan pertama kali pada tahun 1998 oleh lima ahli komputer, mereka meluncurkan produk pertama mereka, VMware Workstation, pada tahun 1999, dan kini VMware telah menjadi salah satu perusahaan utama dalam industri software virtualisasi.

VM memiliki kepanjangan Virtual Machine, merupakan suatu sistem operasi yang banyak digunakan di berbagai komputer dan server, dan berfungsi untuk menampung beberapa sistem operasi lain secara sekaligus sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka bekerja seolah-olah di sebuah komputer tersendiri, dengan program-program dan sumber daya yang tersendiri pula. Hal ini dimungkinkan berkat Hypervisor, alias Virtual Machine Manager, yakni sebuah program yang mengontrol pembagian kerja prosesor dan berbagai sumber daya serta mengalokasikannya kepada masing-masing sistem operasi. Sehingga, sistem-sistem operasi tidak akan saling mengganggu satu sama lain.

Software VMware hadir dalam bermacam-macam jenis. Secara umum, ada dua kelompok software VMware, yakni software desktop dan software server.

Software Desktop VMware
Software desktop VMware dapat bekerja di kebanyakan sistem operasi, termasuk Linux, Windows, dan Mac OS X. Ada tiga software dalam kelompok ini :
1. VMware Workstation
Yakni aplikasi untuk menginstal dan menjalankan beberapa sistem operasi secara sekaligus pada satu buah komputer fisik.
2. VMware Fusion
Didesain khusus untuk para pengguna Mac sehingga memungkinkan kompatibilitas dengan produk dan aplikasi VMware lain.
3. VMware Player
Merupakan sebuah produk freeware yang menyerupai VMware Workstation dan ditujukan hanya untuk penggunaan oleh personil.

Artikel menarik:  Pengertian Platform Android

Software Server VMware
Sementara software server VMware dapat dijalankan secara langsung di hardware server tanpa membutuhkan sistem operasi utama. Ada tiga macam software server VMware :
1. VMware ESX Server
Merupakan produk untuk level enterprise, terintegrasi langsung dengan VMware vCenter untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan konsistensi implementasi server. VMware ESX Server memiliki fungsionalitas paling lengkap.
2. VMware ESXi Server
Produk yang menyerupai VMware ESX Server tetapi service console-nya digantikan dengan instalasi BusyBox. Ia menggunakan ruang disk yang relatif kecil.
3. VMware Server
Yaitu sebuah software freeware yang bisa digunakan di atas sistem operasi lain yang telah terinstalasi pada server.

Semoga bermanfaat!