Apa itu System Testing

Apabila Anda mendengar kata “Test” pasti pertama yang terpikir adalah menguji. Pengujian ini juga sering dilakukan terhadap produk-produk terbaru yang akan dipasarkan, baik dalam bidang pangan, teknologi, maupun perangkat lunak. Bicara mengenai perangkat lunak atau software, pasti juga melalui tahapan uji supaya software tersebut benar-benar dapat digunakan oleh customer atau penggunanya.

Apa itu System Testing

Bila pada kesempatan lalu, kami telah menjelaskan mengenai Integration Testing, maka kali ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai apa itu System Testing. System testing atau pengujian sistem dilakukan setelah pengujian integrasi telah selesai. Hal ini karena tingkatan atau level dari system testing lebih tinggi daripada integration testing dalam penyempurnaan sebuah software.

System testing dapat dikatakan sebagai uji dari keseluruhan sistem dari sebuah software yang ada. Pengujian dilakukan secara lengkap dan sistem yang telah terintegrasi dapat dievaluasi apakah sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau tidak. Setelah pengujian sistem telah selesai, para pengembang pun melakukan acceptance testing.

System testing juga merupakan bagian dari black-box testing yang tidak perlu membutuhkan pengetahuan tentang kode maupun logika pemrograman. Definisi lainnya istilah pengujian sistem adalah suatu proses yang dilakukan untuk menilai kesempurnaan rancangan, mengevaluasi keunggulan dan kelemahan terhadap kualitas produk, mengevaluasi terhadap urutan yang sistematis, dan mengevaluasi keseimbangan jumlah pelaksanaan sesuai prosedur kegiatan software.

Artikel menarik:  9 User Interface Terbaik untuk Android

Dilihat dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa System testing bertujuan untuk memastikan mutu dari suatu produk sehingga perlu di adakan pengujian apakah produk yang dihasilkan telah sesuai dengan harapan developer. Mutu atau kualitas tersebut tentunya harus tepat sasaran dengan mutu yang telah dipersyaratkan.

Kemudian, System testing juga ditujukan sebagai proses analisa dan entitas software yang mana bertugas untuk mendeteksi adanya perbedaan antar kondisi perangkat lunak yang ada dengan kondisi yang diinginkan oleh user dan developer. Lalu pengujian sistem tersebut berguna pula untuk melihat kerusakan atau kejanggalan suatu produk dengan melakukan evaluasi fitur-fitur dari software yang diluncurkan perusahaan.