Apa itu Sysprep

Sistem Persiapan atau Sysrep adalah sebuah sistem yang mempersiapkan untuk instalasi Windows berupa duplikasi, audit dan pelanggan pengiriman. Duplikasi juga dapat disebut dengan pencitraan, yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar Windows yang akan dipergunakan kembali ke seluruh sistem. Sedangkan modus audit, memungkinkan Anda untuk menambahkan driver perangkat tambahan dan aplikasi untuk instalasi Windows tersebut.

Apa itu Sysprep

Setelah Anda telah menginstall driver tambahan atau aplikasi, Anda dapat menguji integritas intalasi Windows. Dengan adanya Sysprep, Anda dapat mempersiapkan gambar yang akan dikirimkan ke klien pengguna saat boot klien Windows dimulai. Sysprep hanya bisa digunakan untuk mengkonfigurasi instalasi baru dari Windows. Anda dapat menjalankan Sysprep sebanyak yang dibutuhkan untuk membangun dan mengkonfigurasi instalasi tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan, Anda hanya mampu mengatur ulang aktivasi Windows sampai tiga kali saja. Maka dari itu, Anda tidak perlu memakai Sysprep untuk mengkonfigurasi ulang instalasi yang telah dikerahkan pada Windows. Gunakanlah Sysprep seperlunya hanya untuk mengkonfigurasi instalasi baru dari Windows. Fitur lain yang fantastis dari Sysprep adalah adanya pilihan Generalisasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar ke komputer lain dalam pengaturan hardware yang tak sama. Kemudian Sysprep memberikan beberapa manfaat berikut ini:

Artikel berhubungan:  Ketika Windows 7 Tak Lagi Aman

1. Menghapus sistem data dari Windows
Sysprep mampu menghapus semua informasi khusus untuk sistem dari gambar Windows yang di install, termasuk juga tanda pengenal keamanan komputer (SID). Instalasi Windows lalu ditangkap dan dipasang pada seluruh sistem.

2. Mengkonfigurasi Windows ke Modus Audit
Manfaat kedua yang tak kalah penting adalah untuk mengkonfigurasi Windows untuk boot ke modus Audit. Modus Audit memungkinkan Anda untuk menginstall aplikasi pihak ketiga atau driver perangkat, dan untuk menguji fungsionalitas dari sebuah komputer.

3. Mengkonfigurasi Windows ke Windows Welcome
Manfaat ini saat ada sistem Windows baru di mulai. Secara umum, Anda dapat mengkonfigurasi sistem untuk boot ke Windows Welcome sebelum memberikan komputer untuk klien. Selain itu, Sysprep dapat mengatur ulang Windows Product Activation hingga tiga kali.