Seputar Tekno

Apa itu Storage Space Running Out?

Setiap smartphone pasti mempunyai spesifikasi hardware yang berbeda di tiap seri dan merknya. Hal ini dapat di dasari oleh harga yang menyesuaikan dengan spesifikasi yang diusungnya meski dari brand-brand tertentu. Hanya saja, umumnya komponen memori internal atau ROM yang tersedia di setiap smartphone Android memiliki ukuran yang cukup kecil. Apalagi jika smartphone tersebut dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.

Apa itu Storage Space Running Out

Berbeda lagi dengan smartphone Android yang tergolong lebih mahal karena mengusung memori internal mulai dari 16 GB hingga 64 GB. Sebut saja contohnya seperti Oppo F3, Vivo V5s, dan masih banyak lagi. Apalagi pengguna ponsel mid-range atau high-level tersebut masih bisa menambah kapasitas memori eksternal sehingga dapat menampung lebih banyak file.

Bagi Sobat Gaptex yang memiliki smartphone Android entry-level, pasti sering mengalami masalah ‘storage space running out’ bukan? Istilah ini dalam bahasa Indonesianya yaitu ‘ruang penyimpanan hampir habis’. Hal ini bisa saja terjadi jika ponsel Anda tidak lagi memiliki penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data.

Lantas kenapa smartphone tersebut mengalami storage space running out? Berikut penjelasan sederhananya:
· Ruang penyimpanan, khususnya memori internal sudah hampir habis atau bahkan sudah habis dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang di pasang, sehingga tidak ada ruang untuk aplikasi baru yang akan di install
· Terlalu banyak cache yang tidak pernah dibersihkan sama sekali. Jika Anda belum tahu cache, cache ialah file sementara yang mana berguna untuk mempercepat proses loading suatu aplikasi.
· Sering mengakses video atau bermain game sehingga data dan cache semakin banyak tersimpan di memori telepon.

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

Ada beberapa cara jitu untuk mengatasi masalah storage space running out tersebut. Beberapa di antaranya ialah Anda dapat memilih aplikasi yang jarang digunakan untuk dihapus, memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, menghapus file cache di sistem Android. Semua cara di atas bertujuan untuk merestart kembali aplikasi yang sering digunakan untuk online. Apabila Anda tidak memiliki memori eksternal, maka jalan satu-satunya ialah hanya menghapus beberapa aplikasi di smartphone Anda sampai notifikasi ‘storage space running out’ sudah hilang.