Apa itu Social Bookmarking?

Social bookmarking ialah salah satu metode SEO atau Search Engine Optimization yang mampu meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung ke sebuah situs. Pada awalnya, social bookmarking digunakan pengguna internet sebagai tempat saling berbagi informasi dari beragam sumber media sosial. Namun seiring berjalannya waktu, social bookmarking justru dimanfaatkan para pemiliki situs untuk keperluan SEO. Namun, apa itu Social Bookmarking sebenarnya?

Apa itu Social Bookmarking

Pengertian Social Bookmarking
Social Bookmarking merupakan layanan web yang disediakan untuk pengguna internet untuk menyimpan, mengatur, mencari, serta membagikan halaman situs yang dianggap bermanfaat kepada pengguna internet lainnya.

Hampir sebagian besar layanan social bookmarking akan memudahkan pengguna untuk mengatur bookmark dengan tag informal. Bukan hanya itu, pengguna bisa melihat bookmarking terkait tag tertentu, lalu menyertakan informasi penting mengenai jumlah pengguna internet yang sudah mem-bookmark.

Di saat layanan bookmarking semakin bagus dan terus bertambah populer, sejumlah fitur ekstra ditambahkan seperti komentar dan rating pada bookmark. Kemudian, masih ada pula fitur keren lainnya seperti ekspor dan impor bookmark dari browser, mengirim email dan berbagai fitur jaringan sosial dan grup.

Jenis Social Bookmarking
Setelah mengenal apa itu Social Bookmarking, maka selanjutnya Anda perlu tahu dengan jenis-jenis Social Bookmarking itu sendiri. Secara garis besar, Social Bookmarking terbagi menjadi 3 jenis yakni umum, edukasi, dan berita. Ketiganya ini bisa dimanfaatkan pemilik situs untuk mendongkrak posisi di search engine.

Artikel menarik:  Pengertian Wireless, HotSpot & WiFi

1. Social Bookmarking Umum
Di jenis ini, pengguna bisa mem-bookmark dokumen web ke kategori tertentu dan kemudian berbagi ke pengguna lainnya. Mereka juga bisa melihat bookmark pengguna lain dalam kategori sejenis. Selain itu, banyak pula manfaat lainnya yaitu hemat waktu pencarian di search engine dan menjumpai berbagai situs unik dan atraktif.

2. Social Bookmarking Edukasi
Di jenis ini, social bookmarking fokus pada berbagai kegiatan penelitian dan akademik. Keberadaan layanan ini justru memudahkan guru dan murid yang ingin menambah pengetahuan di bidang akademik. Para guru pun dapat menemukan situs edukatif di internet, lalu dibagikan kepada murid. Mereka juga bisa mengecek situs hasil bookmarking pengguna lain pada subjek yang sama.

3. Social Bookmarking Berita
Di jenis ini, social bookmarking dipenuhi oleh berbagai berita terbaru yang sengaja di simpan oleh pengguna lainnya. Blog dan artikel yang memuat berita paling anyar bisa ditemukan pada situs ini. Pengguna internet pun bukan hanya membaca berita dan memperoleh informasi, tapi turut diperbolehkan berpartisipasi dalam voting supaya menjadi headline.