Apa itu Responsive Website Design

Saat ini, banyak orang yang melakukan aktivitas online melalui device smartphone, seperti bermain sosial media, membaca e-book novel, hingga tidak terkecuali mengakses sebuah website. Dengan keadaan yang semakin canggih ini, mau tidak mau bagi Anda sebagai pemilik website harus memiliki website yang dapat diakses melalui smartphone tersebut.

Apa itu Responsive Website Design

Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress mungkin telah tersedia pluginnya, namun bagaimana dengan yang membuatnya dari awal atau menggunakan CMS yang belum tersedia plugin mobile tersebut? Pastinya Anda harus membuat ulang websitenya dalam bentuk mobile bukan? Lantas bagaimana solusinya?

Maka dari itu, kini hadir teknologi Responsive Website Design yang membantu Anda untuk menggunakan satu design saja untuk berbagai device. Cara ini juga menjadi cara terbaik apabila Anda malas untuk mendevelop ulang website agar sesuai dengan device mobile. (Baca juga: Cara Membuat Website Gratis)

Responsive Website Design merupakan sebuah teknik yang berguna untuk membuat layout website sehingga dapat menyesuaikan diri dengan tampilan device pengunjung, baik dari segi ukuran hingga orientasinya. Apabila tampilan yang berada di dekstop komputer dengan tampilan yang diakses melalui smartphone contohnya, itu pasti akan berbeda tampilannya.

Selain itu, Responsive Website Design juga digunakan untuk memeriksa tampilan yang menggunakan teknik tersebut, tanpa harus mengaksesnya melalui device mobile atau lainnya, namun cukup dengan meminimize browser saja ke dalam ukuran mobile device yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa melihat langsung tampilan website pada layar perangkat yang sedang digunakan.

Artikel berhubungan:  10 PC Game Terbaik 2015

Teknik ini mulai banyak digunakan dikalangan web desainer luar atau lokal karena mempunyai beberapa keuntungan, salah satunya yaitu penghematan penggunaan sub domain, yang tadinya jika mengakses harus menggunakan kata “mobile” atau “m” di depan domainnya, tapi sekarang cukup dengan mengetik nama domainnya saja, lalu tampilan akan menyesuaikan dengan device yang digunakan.

Keuntungan yang paling utama pastinya dapat mengurangi jumlah development menjadi satu saja untuk dipakai semua devices. Kemudian, kelemahan dari teknik Responsive Website Design sendiri adalah jika digunakan pada website yang bertujuan untuk menampilkan gambar saja, seperti website fotografi contohnya, Resource gambar yang diload oleh device Anda akan sama dengan yang diload dikomputer. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan apakah website yang di buat cocok untuk dipakaikan teknik Responsive ini.