Seputar Tekno

Apa itu Portal Web?

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengajak Sobat Gaptex mengenal apa itu portal web. Mungkin di telinga Sobat sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, namun belum memahami secara detail dan mendalam mengenal istilah tersebut. Adapun penjelasan mengenai portal web selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Pengertian
Portal Web adalah situs web yang dirancang khusus untuk menghadirkan informasi dari berbagai sumber, seperti email, forum online dan mesin pencari, bersama-sama dengan cara yang seragam. Biasanya, setiap sumber informasi mendapatkan area khusus di halaman untuk menampilkan informasi, dimana sering kali, pengguna bisa mengkonfigurasi mana yang akan ditampilkan. Selain itu, peran pengguna dalam organisasi dapat menentukan konten mana yang dapat ditambahkan ke portal atau dihapus dari konfigurasi portal.

Portal dapat menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi mesin pencari (API) untuk mengizinkan pengguna mencari konten intranet dibandingkan konten ekstranet dengan membatasi domain mana yang dapat dicari. Terlepas dari fitur mesin pencari yang umum ini, portal web menawarkan layanan lain seperti e-mail, berita, harga saham, informasi dari database dan bahkan konten hiburan. Portal menyediakan cara bagi perusahaan dan organisasi untuk menyediakan tampilan dan nuansa yang konsisten dengan kontrol akses dan prosedur untuk beberapa aplikasi dan database, yang jika tidak, akan ada entitas web berbeda di berbagai URL. Fitur yang tersedia mungkin dibatasi oleh apakah akses dilakukan oleh pengguna yang berwenang dan terotentikasi (karyawan, anggota) atau pengunjung situs anonim.

Contoh portal web publik awal adalah AOL, Excite, Netvibes, Naver, Lycos, iGoogle, MSN, Prodigy, Indiatimes, Rediff, dan Yahoo!. Sebagai contohnya, “My Yahoo!” adalah fitur dari Yahoo! yang mungkin telah mengilhami fitur seperti Google “iGoogle”, meskipun dihentikan mulai 1 November 2013.

Perkembangan Portal Web
Pada akhir 1990-an, portal Web adalah kata kunci Web IT. Setelah berkembangnya browser Web di akhir tahun 1990-an, banyak perusahaan mencoba membangun atau memperoleh portal untuk mencoba memperoleh pangsa pasar Internet. Portal Web mendapat perhatian khusus karena, bagi banyak pengguna, titik awal penjelajahan Web mereka jika ditetapkan sebagai beranda mereka.

Banyak portal memulai kehadiran mereka karena penyedia direktori Internet dan fasilitas mesin telusur (Excite, Lycos, infoseek, AltaVista,dan Hotbot adalah beberapa layanan tertua yang tersedia). Perluasan cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna di portal. Layanan yang memerlukan registrasi seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatrooms dianggap sanggup mendorong kunjungan berulang di portal. Game, chat, berita, email, dan layanan lainnya juga bertujuan untuk membuat pengunjung tinggal lebih lama, dimana akan meningkatkan pendapatan iklan.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

Klasifikasi
Portal web seringkali diklasifikasikan sebagai horizontal atau vertikal. Sebuah portal horisontal digunakan sebagai platform untuk beberapa perusahaan di sektor ekonomi yang sama atau tipe produsen atau distributor yang sama. Sedangkan portal vertikal (juga dikenal sebagai “vortal”) adalah titik masuk khusus untuk pasar spesifik atau industri tertentu, area subjek, atau minat khusus. Beberapa portal vertikal dikenal sebagai “portal informasi vertikal” (VIP). VIP menyediakan berita, konten editorial, publikasi digital, dan kemampuan e-commerce. Berbeda dengan portal vertikal tradisional, VIP juga menyediakan aplikasi multimedia dinamis termasuk jejaring sosial, posting video, dan blogging.

Jenis-Jenis
1. Personal/Pribadi
Portal pribadi adalah halaman Web di situs Web di World Wide Web (WWW) atau halaman muka HTML lokal termasuk JavaScript dan mungkin berjalan di browser web yang dimodifikasi. Portal pribadi biasanya menyediakan kemampuan yang dipersonalisasi kepada pengunjung atau pengguna lokalnya, yang menyediakan jalur ke konten lainnya. Ini mungkin dirancang untuk menggunakan aplikasi terdistribusi, nomor dan jenis middleware dan perangkat keras yang berbeda untuk menyediakan layanan dari sejumlah sumber yang berbeda dan dapat berjalan di server Web lokal non-standar.

2. Pemerintah
Saat akhir puncaknya dot-com di tahun 1990an, banyak pemerintah telah berkomitmen untuk membuat situs portal web pemerintah untuk warganya. Ini termasuk portal utama ke pemerintah dan juga portal yang dikembangkan untuk cabang tertentu (misalnya, kementerian, departemen atau badan pemerintah tertentu), atau sub-khalayak tertentu (misalnya, warga lanjut usia, orang tua, siswa pasca sekolah menengah, dan lainnya).

3. Kultural
Portal budaya menggabungkan koleksi budaya digital dari galeri, perpustakaan, arsip dan museum. Jenis portal ini memberi titik akses ke konten web budaya yang tak terlihat yang mungkin tidak diindeks oleh mesin telusur standar. Koleksi digital dapat mencakup pemindaian atau foto digital dari buku, karya seni, fotografi, jurnal, surat kabar, peta, buku harian dan surat-surat dan file musik, rekaman suara, film, dan situs arsip serta metadata deskriptif yang terkait dengan setiap jenis budaya. pekerjaan (misalnya, metadata menyediakan informasi tentang penulis, penerbit, dan sebagai). Portal ini sering berbasis di sekitar kelompok institusi nasional atau regional tertentu.