Seputar Tekno

Apa itu OpenStack Ocata

Dalam dunia cloud computing, ada beberapa software yang sering dipakai para pengembang yakni CloudStack, OpenNebula, CloudIfy, OpenStack, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak perangkat lunak tersebut, banyak perusahaan yang menggunakan OpenStack karena mereka juga mengembangkan software open source, sehingga cloud terhandal dalam kategori free alias gratis, hanyalah OpenStack.

Apa itu OpenStack Ocata

Sebelum lebih jauh mengenai OpenStack Ocata, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu secara garis besar tentang OpenStack sendiri. OpenStack adalah salah satu perangkat lunak open source untuk membuat cloud computing agar mendukung semua tipe enviroment cloud. OpenStack mampu mengelola resource misalnya compute, controller, storage ataupun infrastruktur fisik di dalam data center. Perangkat lunak ini dapat berjalan di sistem operasi Linux seperti Debian, Ubuntu, OpenSuse, dan RedHat.

Sementara istilah Ocata adalah nama kode untuk rilis ke-15 edisi dari OpenStack. Bisa dikatakan versi Ocata adalah yang paling baru dikembangkan oleh perusahaan. Perilisan tersebut dijadwalkan pada tanggal 23 Februari 2017. Namun sayangnya, The OpenStack Foundation membatalkan jadwal perilisan karena ada sedikit kendala dalam performa core OpenStack dan networking services.

Sebelum Ocata, perusahaan OpenStack merilis Newton pada tanggal 6 Oktober 2016. Newton adalah nama kode versi rilis ke-14 dari OpenStack. KTT desain berlangsung di Amerika Serikat, tepatnya di Austin, Texas. Perilisan ini dinamai “Newton House” karena terletak di 1013 E. Ninth St. Austin, TX yang terdaftar di National Register of Historic Places.

Artikel menarik:  Apa itu Sina Weibo?

Pada awalnya, OpenStack di buat oleh dua perusahaan besar yakni Rackspace Hosting dan NASA. Kedua perusahaan tersebut melancarkan ide untuk membuat Cloud Computing yang disebut OpenStack. Sebenarnya, Rackspace dan NASA memiliki tujuan berbeda karena Rackspace ingin membuat layanan yang mnyediakan tempat penyimpan online unlimited, sementara NASA ingin membuat layanan compute untu mengatur berbagai mesin virtual.

OpenStack pun resmi rilis pertama kalinya ke masyarakat luas pada bulan Juli 2010 dengan nama Austin dan layanan bernama Nova dan Swift. Mereka pun kembali berencana meluncurkan update reguler setiap beberapa bulan seperti Bexar, Cactus, Diablo dan lain-lain.