Apa itu Northbridge & Southbridge

Dalam sebuah PC, komponen yang paling utama untuk menunjang kinerja adalah motherboard. Motherboad atau mainboard pastinya selalu ada di dalam gadget, baik itu laptop atau dekstop. Hal ini disebabkan karena mainboard berguna sebagai tempat untuk menampung berbagai komponen penyusun PC lainnya seperti RAM, prosesor, kartu grafis, CD-Writer dan masih banyak lagi komponen yang dihubungkan pada mainboard.

Apa itu Northbridge & Southbridge

Di dalam sebuah motherboard tentu banyak sekali komponen-komponen elektronik yang sangat penting dan bermacam-macam ukuran yang dimilikinya dengan berbagai konektor, soket, slot dan lain-lainnya. Namun, ada salah satu komponen motherboard yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya adalah Northbridge dan Southbridge. Salah satu kegunaan utamanya yakni membuat proses pertukaran data antar komponen menjadi terlaksana.

NORTHBRIDGE
Fungsi Northbridge faktanya lebih mempengaruhi kinerja motherboard daripada southbridge. Hal tersebut disebabkan karena Northbridge yang menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, bahkan komponen di southbridge. Fungsi dasarnya yaitu menghubungkan beberapa komponen sehingga sangat mempengaruhi kinerja sistem. Artian lainnya sebagai jembatan arus data antara RAM, prosesor, Frontside Bus dan AGP Bus dan mengatur kerja Power Management.

Di samping komponen yang di tangani oleh northbridge, jenis memori utama dan prosesor juga ditentukan oleh northbridge tersebut. Hal ini juga sama berlakunya untuk kartu grafis. Dukungan kartu grafis yang di dukung oleh northbridge ialah berjenis AGP.

Baca Juga :  5 Alasan Beralih ke SSD

SOUTHBRIDGE
Dalam arti sederhana, Southbridge yaitu salah satu dari dua chip pada chiset yang berguna untuk mengontrol bus IDE, USB, support Plug and Play, menyambungkan PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, dan perangkat pendukung lainnya. Southbridge juga dapat dikatakan untuk menangani komponen lain yang tidak ditangani oleh chip lainnya yaitu Nortbridge.

Apabila Southbridge tidak mendukung interface ATA yang berkecepatan tinggi maka kinerja harddisk akan terhambat. Selain masalah harddisk, komponen yang dapat berpengaruh adalah kartu tambahan lainnya pada PCI. Meskipun fungsinya sangat vital, tetapi Southbridge masih dihubungkan ke Northbridge. Oleh sebab itu, besarnya bandwidth antara northbridge dan Southbridge akan sangat mempengaruhi kinerja PC.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part