Seputar Tekno

Apa itu NIC?

Bagi Sobat Gaptex yang sudah biasa mempelajari tentang sistem jaringan komputer, pastinya sudah mengenal dengan salah satu dengan hardware jaringan komputer yaitu NIC. Komponen ini menjadi perangkat keras yang telah menjadi standar di duna komputer, baik komputer dekstop atau laptop. Lantas apa itu NIC dan apa saja fungsinya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian NIC
NIC adalah singkatan dari kata Network Interface Card yang termasuk dalam perangkat keras adaptor jaringan berbentuk kartu tambahan yang sesuai dengan slot ekspansi pada motherboard komputer. Sebagian besar komputer pasti memilikinya NIC secara built-in (dalam hal ini hanya bagian dari papan sirkuit), namun Anda juga dapat menambahkan NIC sendiri untuk memperluas fungsionalitas sistem.

NIC inilah yang akan menyediakan antarmuka perangkat keras antara komputer dan jaringan. Selain itu, NIC juga sering disebut sebagai apakah jaringan kabel atau nirkabel karena NIC dapat digunakan untuk jaringan Ethernet dan juga jaringan Wi-Fi, baik itu untuk komputer desktop atau laptop.

“Networks cards” yang terhubung melalui USB sebenarnya bukan kartu melainkan perangkat USB biasa yang memungkinkan koneksi jaringan melalui port USB. Dalam hal ini, NIC disebut sebagai adapter jaringan.

Perlu diingat bahwa NIC juga merupakan singkatan dari Network Information Center. Misalnya, organisasi InterNIC adalah NIC yang memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai nama domain internet.

Apa yang dilakukan oleh NIC?
Sederhananya, kartu antarmuka jaringan memungkinkan perangkat untuk terhubung dengan perangkat lain. Hal ini dimaksudkan agar bisa menyambungkan sebuah perangkat ke jaringan pusat (seperti dalam mode infrastruktur) atau bahkan jika dipasangkan bersama-sama, langsung dari satu perangkat ke perangkat lain (yaitu mode ad-hoc).

Namun, NIC tidak selalu merupakan satu-satunya komponen yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan perangkat lain. Misalnya, jika perangkat merupakan bagian dari jaringan yang lebih besar dan Anda ingin memiliki akses ke internet, seperti di rumah atau di kantor, maka diperlukan sebuah router juga. Perangkat kemudian menggunakan kartu antarmuka jaringan untuk terhubung ke router, yang terhubung ke internet.

Deskripsi Fisik NIC
NIC hadir dalam berbagai bentuk namun dua kabel utama NIC adalah kabel dan nirkabel. Wireless NIC perlu menggunakan teknologi nirkabel untuk mengakses jaringan, sehingga mereka memiliki satu atau lebih antena yang mencuat dari kartu. Anda dapat melihat contoh ini dengan Adaptor PCI Express TP-Link.

Sedangkan wired NIC (kabel) hanya menggunakan port RJ45 karena mereka memiliki kabel Ethernet yang terpasang sampai akhir. Hal ini membuat mereka lebih datar dari pada kartu jaringan nirkabel. Adaptor Jaringan PCI Express Gigabit Ethernet TP-Link adalah salah satu contohnya.

Mau jenis apapun NIC yang digunakan, NIC sangat menonjol dari bagian belakang komputer di sebelah colokan lainnya, seperti untuk monitor. Jika NIC dicolokkan ke laptop, kemungkinan besar terpasang di port sampingnya.

Artikel menarik:  5 Kamera Aksi Termurah dengan Fitur Mumpuni

Seberapa Cepatnya Kartu Jaringan NIC ini?
Semua NIC memiliki rating kecepatan, seperti 11 Mbps, 54 Mbps atau 100 Mbps, yang menunjukkan kinerja umum unit. Anda dapat menemukan informasi ini di Windows dengan mengklik kanan koneksi jaringan dari Network and Sharing Center > Ubah bagian pengaturan adaptor Panel Kontrol.

Penting untuk diingat bahwa kecepatan NIC belum tentu menentukan kecepatan koneksi internet. Hal ini disebabkan alasan seperti bandwidth yang tersedia dan kecepatan internet yang Anda bayar. Misalnya, jika Anda hanya membayar kecepatan download 20 Mbps, menggunakan NIC 100 Mbps tidak akan meningkatkan kecepatan Anda hingga 100 Mbps, atau bahkan melebihi 20 Mbps.

Namun, jika Anda membayar 20 Mbps namun NIC Anda hanya mendukung 11 Mbps, Anda akan mengalami kecepatan download yang lebih lambat karena perangkat keras yang terpasang hanya dapat bekerja secepat itu dinilai bekerja. Dengan kata lain, kecepatan jaringan, bila hanya kedua faktor ini dipertimbangkan, kecepatan koneksi ditentukan oleh kelambatan keduanya.

Pemeran utama lain dalam kecepatan jaringan adalah bandwidth. Jika Anda seharusnya mendapatkan 100 Mbps dan kartu Anda mendukungnya, namun Anda memiliki tiga komputer di jaringan yang diunduh secara bersamaan, 100 Mbps akan dibagi menjadi tiga, yang benar-benar hanya akan melayani setiap klien sekitar 33 Mbps.

Dimana Bisa Membeli NIC?
Ada banyak tempat di mana Anda bisa membeli NIC, baik di toko maupun online. Beberapa retail online termasuk Amazon dan Newegg, namun toko fisik seperti Walmart juga menjual kartu jaringan.

Cara Mendapatkan Driver untuk NIC
Semua perangkat keras pasti memerlukan driver perangkat agar bisa bekerja dengan perangkat lunak pada komputer. Jika kartu jaringan Anda tidak berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah driver yang hilang, rusak atau ketinggalan zaman.

Memperbarui driver kartu jaringan bisa menjadi rumit karena Anda biasanya membutuhkan internet untuk mendownload drivernya, namun masalahnya terdapat pada hal yang membuat Anda tidak bisa mengakses internet! Dalam kasus ini, Anda harus mendownload driver jaringan pada komputer yang bekerja dan kemudian mentransfernya ke sistem dengan flash drive atau CD.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat updater driver yang bisa memindai update bahkan saat komputer sedang offline. Jalankan program pada PC yang membutuhkan driver dan kemudian simpan informasinya ke file. Buka file dalam program updater driver yang sama di komputer yang sedang bekerja, download drivernya dan kemudian transfer ke komputer untuk mengupdate driver di sana.