Seputar Tekno

Apa Itu Network Sharing?

Communication towers.

Sebagaimana dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pertengahan Mei 2016 lalu di Jakarta, industri telekomunikasi punya dua target penyelesaian masalah. Pertama, bagaimana menerapkan jaringan broadband secepat mungkin. Dan kedua, bagaimana menjadikan industri telekomunikasi semakin efisien. Salah satu kebijakan yang dapat memenuhi dua target tersebut adalah network sharing.

Network sharing sederhananya adalah berbagi jaringan. Implementasinya telah dilakukan di banyak negara maju di dunia, seperti Australia, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Inggris, Spanyol, dan Swedia. Oleh karena terdapat pertimbangan bisnis antar operator yang perlu dipertimbangkan, pemerintah tidak akan memaksa operator namun sifatnya hanya menganjurkan. Selama ini di Indonesia, sejumlah operator telah melakukan passive sharing yang meliputi penggunaan tower, base tranceiver station (BTS), dan pasokan daya.

Pengguna jaringan telekomunikasi cenderung meminta akses broadband yang cepat. Di sisi lain, pertumbuhan jaringan semakin pesat, termasuk 4G LTE. Sementara itu, belum semua daerah terjangkau oleh seluruh operator telekomunikasi. Konsep network sharing sendiri adalah penggunaan jaringan aktif secara bersama oleh operator dan penyedia infrastruktur, misalnya berbagi frekuensi. Jika suatu operator memiliki jaringan di suatu daerah, operator lain yang tidak memiliki jaringan dapat menggunakan jaringan milik operator tersebut.

Adapun tujuan network sharing antara lain meningkatkan efisiensi sumber daya alam yang terbatas (frekuensi). Network sharing membuka pemerataan layanan broadband bagi masyarakat dan mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah di luar Jawa. Selain itu, network sharing juga menjadikan kualitas layanan semakin baik dengan harga yang relatif murah, sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ekonomi secara merata. Tarif layanan lebih murah karena adanya pembagian biaya operasional.

Artikel menarik:  Apa itu Sina Weibo?

Penerapan network sharing dapat dilakukan dalam lima model, yaitu :
1. CME Sharing – Berbagi instrumen fisik seperti penggunaan tower bersama
2. Roaming – Pergantian layanan yang dilakukan suatu operator ke layanan operator lain yang lebih kuat.
3. Multi Operator Radio Access Network (MORAN) – Masing-masing operator bisa berbagi BTS, namun tetap menggunakan spektrum yang berbeda.
4. Multi Operator Core Network (MOCN) – Masing-masing operator bisa berbagi BTS sekaligus berbagi spektrum frekuensi sesuai dengan kesepakatan yang dimiliki.
5. Mobile Virtual Network Operator (MVNO) – Masing-masing operator saling menyewa atau menggunakan spektrum frekuensi melalui perjanjian bisnis.

Pelaksanaan network sharing saat ini telah dilakukan oleh XL Axiata dan Indosat Ooredoo melalui kerja sama joint venture. Model yang digunakan adalah MORAN dimana masing-masing operator seluler bisa berbagi BTS, namun tetap menggunakan spektrum yang berbeda.

Semoga bermanfaat!