Apa itu Modem Bolt Unlock

Teknologi internet yang semakin canggih, terutama di Tanah Air, sudah mencapai teknologi 4G LTE sehingga tak heran apabila banyak perangkat gadget termasuk smartphone atau modem telah mendukung konektivitas jaringan 4G. Namun, bila dibandingkan dengan smartphone, jumlah modem yang mendukung 4G di Indonesia masih sedikit. Kalau ponsel, sudah tidak diragukan lagi karena sekarang banyak sekali bermunculan ponsel terbaru yang pastinya mendukung jaringan 4G LTE. Bagaimana untuk modem? Iya memang ada, tapi tidak sebanyak smartphone.

Apa itu Modem Bolt Unlock

Bahkan untuk perangkat modem yang mendukung jaringan 4G LTE tersebut biasanya di bundling oleh masing-masing operator dengan mengandalkan layanan internet super cepat ini. Seperti Smartfren, Bolt, bahkan modem dari Telkomsel, pasti di bundling dengan produk mereka sendiri. Dengan begitu, produk modem akan diluncurkan yang masih lock alias terkunci sehingga hanya bisa menggunakan kartu operator bawaan modem. Contohnya modem MiFi Smartfren Andromax hanya dapat dipakai kartu Smartfren saja, kemudian modem Bolt juga dipakai untuk kartu Bolt saja.

Modem Bolt 4G LTE memang sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Modem WiFi ini support jaringan 4G LTE dengan multiuser maksimum 10 user dengan kecepatan hingga 72 Mbps. Tetapi sayangnya, terkadang modem bolt tidak bisa dipakai untuk kartu operator lain, baik itu GSM atau CDMA. Walaupun sekarang, sudah tersedia modem Bolt khusus unlock yang diberi nama Modem Bolt WiFi Orion.

Artikel berhubungan:  Perbedaan Wireless Range Extender & Repeater

Dalam artian sederhana, modem unlock ialah modem yang telah dibuka kuncinya sehingga dapat digunakan untuk kartu operator apa saja dan tidak terbatas oleh SIM bawaan dari modem tersebut. Lantas siapa yang bisa unlock modem tersebut? Tentu saja orang yang ahli IT sehingga dapat unlock modem tanpa merusak sistem di dalamnya. Terkadang ada pula distributor yang sudah menjual modem unlock supaya pembelinya bisa langsung menggunakan kartu operator lain. Namun biasanya, harga modem unlock pastinya lebih mahal dari modem yang masih terkunci. Sebenarnya, Anda bisa unlock sendiri asal mengerti bagaimana tutorial caranya dan siap menanggung resiko kehilangan garansi.