Seputar Tekno

Apa itu Memori Cache

Apakah smartphone Anda melambat? Jika iya, salah satu penyebab kinerja ponsel jadi lambat yaitu menumpuknya cache dalam memori ponsel. Lantas apa itu memori cache? Sebelum mengetahui lebih dalam, pastinya Sobat Gaptex sering mendengar kata ‘cache’, baik di komputer ataupun browser cache.

Apa itu Memori Cache

Dalam artian sederhana, cache ialah memori penyimpanan sementara yang berguna untuk mempercepat akses dari aplikasi yang sering Anda pakai di smartphone ataupun komputer. Berkat cache, proses loading aplikasi menjadi lebih cepat tanpa harus repot menunggu lama. Tetapi di sisi lain, adanya cache juga membuat memori internal gadget akan lebih cepat penuh sebab digunakan untuk cache tersebut.

Dengan arti dasar cache di atas, dapat disimpulkan bahwa memori cache yaitu lokasi data sementara antara main memori dan prosesor. Penempatan memori cache ini bertujuan untuk mengurangi gap antara kecepatan keduanya. Selain itu, memori cache juga sering disebut dengan tempat menyimpan data sementara yang berguna untuk meningkatkan transfer data dengan cara menyimpan data yang pernah di akses sebelumnya pada cache memory ini, yang kemudian data pun dapat di akses lebih cepat.

Memori cache merupakan memori tipe SDRAM yang mempunyai kapasitas terbatas tetapi juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi sehingga harga yang dibanderol pun lebih mahal dari memori utama. Memori cache ini terletak di antara register dan RAM agar pemrosesan data tidak langsung tertuju pada mempri internal. Berikut ini karakteristik dari memori cache:
· Suatu memori buffer atau salinan data untuk memori utama
· Kapasitas relatif lebih kecil namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari memori utama
· Walaupun cache menggunakan informasi yang tersimpan dalam main memori, namun ia tak berhadapan langsung dengan memori utama
· Word yang di simpan di dalam memori cache ialah word yang di ambil dari memori utama namun dikerjakan sesuai perintah CPU

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

Jenis-jenis memori cache menjadi beberapa jenis, yakni L1 cache, L2 Cche dan L3 cache. L1 cache berasal dari bagian dalam CPU sendiri sedangkan L2 cache berada dalam sebuah chip yang terpisah di sebelah CPU. Beberapa CPU yang mempunyai keduanya, L1 cache dan L2 built-in akan menugaskan chip terpisah yang disebut cache level 3 (L3 cache).