Berita

Apa itu Memex?

Namanya memang terdengar sedikit ‘saru’ ketika disebutkan¬† di lidah orang Indonesia, tetapi Memex sebetulnya merupakan singkatan dari Memory dan Index, sebuah mesin pencari canggih yang ramai diperbincangkan beberapa hari belakangan ini.

apa itu memex

Memex diklaim sebagai mesin pencari generasi baru yang saat ini sedang intens dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (baca : Pentagon), tepatnya Defence Advanced Research Project Agency (DARPA).

Proyek ini telah berjalan sepanjang satu tahun dan masih tetap akan berlanjut sampai dua tahun ke depan. Tujuannya untuk mengembangkan software dengan kekuatan seperti mesin pencari umumnya, tetapi dengan area pencarian yang lebih khusus. Serta hasil pencarian yang tidak dipengaruhi oleh pengiklan maupun rating.

Jika nantinya dilaunching untuk umum, Memex dipastikan mengancam Google secara serius. Soalnya adalah mesin pencari canggih ini diklaim sanggup melakukan tugas pencarian lebih mendalam, 95% lebih responsif dari Google dalam melakukan pencarian informasi. Bayangkan saja!

Siapa pengguna Memex?
Saat ini, sebagian kalangan sudah melakukan ujicoba terhadap Memex, yaitu aparat penegak hukum untuk membongkar beberapa kasus, diantaranya kasus human trafficking, prostitusi online dan terorisme.

Artikel menarik:  Kapan Meizu M6s Masuk Indonesia?

Pada awalnya, software ini di buat untuk menolong memerangi kegiatan perdagangan manusia, tetapi Memex dapat juga memiliki peran dalam aktivitas bisnis.

Dengan kekuatan untuk menjelajahi Dark Web, beberapa analis saham dapat memakai Memex untuk mencari info yang relevan dengan saham yang mereka pegang. Dapat pula dipakai untuk membongkar masalah penipuan maupun kesibukan ilegal lain didunia bisnis.

Tidak hanya itu, Memex dapat juga mengkalkulasi jalinan tersembunyi dari situs-situs yang sebelumnya telah dipetakan ke website lain yang kemungkinan memiliki kegiatan ilegal.

Hmm, Memex hebat ya …