Seputar Tekno

Apa itu Lorem Ipsum?

Istilah lorem ipsum diturunkan dari frasa Bahasa Latin, dolorem ipsum, yang dalam Bahasa Inggris berarti “pain itself”, dan dalam Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai “rasa sakit itu sendiri” atau “penderitaan itu sendiri”. Lalu Anda mungkin bertanya, apa kaitan rasa sakit lorem ipsum dengan komputer?

Apa itu Lorem Ipsum

Di dunia komputer, terutama dalam publishing dan desain grafis, lorem ipsum adalah sebuah istilah yang merujuk pada teks pengisi tanpa arti yang biasa digunakan untuk mendemonstrasikan elemen-elemen grafis dari sebuah dokumen atau representasi visual. Dengan mengganti isi konten menggunakan teks pengisi, pengguna bisa lebih fokus pada aspek-aspek grafis, semisal jenis font, tipografi, dan layout halaman, tanpa terganggu atau terpengaruh oleh isi konten itu sendiri. Lorem ipsum juga memudahkan pekerjaan desainer grafis, karena mereka tidak perlu repot-repot mencari teks bermakna untuk mengisi suatu template. Cukup gunakan lorem ipsum.

Teks lorem ipsum itu sendiri dikutip dari De Finibus Bonorum Et Malorum, sebuah teks Latin dari abad pertama sebelum Masehi yang ditulis oleh Cicero. Tetapi, teks tersebut tidaklah dikutip utuh-utuh, melainkan ada beberapa kata yang diubah, ditambahkan, dan dihilangkan, agar keseluruhan kutipan menjadi tidak bermakna, tidak berarti, tidak masuk akal, tidak bisa dibaca jelas.

Teks lorem ipsum sudah banyak digunakan untuk typesetting sejak sebelum 1960-an, tetapi baru pertama kali diperkenalkan ke dalam Information Age di pertengahan 1980-an oleh Aldus Corporation. Mereka menempatkan teks lorem ipsum dalam berbagai template grafis dan dokumen di program desktop publishing PageMaker, yang bekerja pada platform Macintosh.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

Saking lamanya sudah dipakai, dan karena isi lorem ipsum itu sendiri tidak bermakna, tidak banyak orang yang mengetahui asal-muasal lorem ipsum, termasuk pula orang-orang yang menggunakan teks tersebut. Hingga, sekitar tahun 1982, Dr. Richard McClintock, seorang bahasawan Latin, ‘menemukan kembali’ sumber lorem ipsum ketika ia sedang mencari penggunaan kata ‘consectetur’, sebuah kata Latin yang amat jarang digunakan bahkan di literatur klasik sekali pun. Sumber fisik pertama lorem ipsum diperkirakan adalah versi Loeb Classical Library Edition tahun 1914 dari De Finibus Bonorum Et Malorum.

Teks Latin literatur tersebut berakhir di halaman 34 dengan kata-kata “Neque porro quisquam est qui do-“ dan dilanjutkan di halaman 36 dengan “lorem ipsum (et seq.)…”. Hal ini mengindikasikan bahwa lanjutan teks di halaman 36 kemungkinan bukanlah kutipan persis dari tulisan Cicero.

Tulisan lengkapnya yakni “Neque porro quisquam est qui dolorem ipsum quia dolor sit amet consectetur adipisci velit” (neither is there anyone who loves, pursues or desires pain itself because it is pain; tidak seorang pun yang mencintai, mengejar, atau menginginkan penderitaan, karena penderitaan adalah penderitaan).

Sementara teks lorem ipsum berbunyi kira-kira demikian (meski ada banyak variasi lorem ipsum yang beredar) :

Apa itu Lorem Ipsum 1

Semoga bermanfaat!