Seputar Tekno

Apa Itu Komunikasi Data?

Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian informasi atau pesan yang dari satu pihak ke pihak lainnya. Sedangkan data sendiri merupakan suatu fakta yang yang memiliki arti. Data sendiri terbagi menjadi dua, yaitu data analog dan data digital. Data analog adalah data yang didapatkan dari nilai-nilai dan memiliki keberlangsungan, contohnya adalah data suara dan video. Sedangkan data digital adalah data yang diperoleh dari nilai-nilai diskrit, misalnya data teks.

Apa Itu Komunikasi Data

Komunikasi Data dan Komponennya
Lalu pengertian komunikasi data itu sendiri merujuk pada interaksi antar perangkat atau penyampaian data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya, yang terhubung dalam satu jaringan. Jaringan yang dimaksud di sini berada dalam jangkauan yang sempit ataupun luas. Dalam pelaksanaannya, komunikasi data dapat berjalan dalam lima komponen berikut ini, yaitu sumber (source), pengirim (transmitter), sistem transmisi, penerima (receiver), dan tujuan (destination).

Proses Komunikasi Data
Pada awalnya, data yang akan dikirimkan dibangkitkan oleh sumber. Dalam hal pelaksanaannya dibantu oleh alat input, misal keyboard pada komputer. Pada fase ini, informasi yang berupa teks, audio, maupun video diubah menjadi satuan data yang diproses pada sistem komputer. Satuan data ini lalu diproses oleh suatu transmitter atau pengirim agar dapat disampaikan oleh sistem transmisi kepada penerima. Contohnya adalah pc atau pesawat telepon untuk komunikasi data berupa suara.

Lalu, satuan data ini diproses oleh sistem transmisi, berupa jalur transmisi tunggal di mana perangkat pengirim dan penerima dalam satu jenis media serta satu segmen jaringan dan jalur transmisi kompleks dimana pengirim dan penerima berada dalam satu sistem. Dalam bentuk fisik dapat dicontohkan oleh media wireless atau wireline. Satuan data ini lalu ditangkap oleh receiver yang contohnya dapat berupa komputer atau perangkat elektronik lainnya, seperi ponsel. Fase inilah yang menjadi destination dari satuan data tadi dimana data yang diterima tadi diterima dan diubah menjadi jenis data yang sama ketika data tersebut dikirimkan oleh source.

Artikel menarik:  5 Kamera Aksi Termurah dengan Fitur Mumpuni

Jenis Komunikasi Data
Jenis komunikasi data dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu melalui alat dan satelit. Anda mungkin pernah menggunakan infra red untuk mengirimkan data atau menelepon teman Anda menggunakan pesawat telepon. Pada saat itu Anda sedang berkomunikasi data melalui alat (device). Media kabel dan nirkabel merupakan jalur akses untuk komunikasi data melalui alat. Pada media kabel, kabel yang digunakan diantaranya adalah kabel koaksial yang mampu menghubungkan jaringan dengan jarak maksimum 200 meter, serta kabel serat optik dengan bandwidth dan keamanan data yang tinggi. Media nirkabel ini diantaranya adalah microwave, gelombang radio, dan infrared.

Sedangkan komunikasi data yang lainnya melalui satelit, di mana jalur akses yang dipakai adalah satelit. Pada jenis ini, jangkauannya lebih luas dan mampu mencapai area yang tidak sanggup dicapai oleh alat. Namun, adanya radiasi gelombang matahari seringkali mengganggu sehingga komunikasi di malam hari lebih baik daripada siang hari.

Semoga bermanfaat!