Apa Itu Keyword Density?

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang Apa Itu Keyword Density? Mungkin sebagian Sobat Gaptex belum mengetahui istilah tersebut, padahal salah satu faktor peningkatan traffic suatu website atau blog dilihat dari keyword density. Apalagi istilah ini sangat berkaitan dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Apa Itu Keyword Density

Keyword density merupakan salah satu hal yang patut diperhatikan oleh para blogger untuk meningkatkan SEO dari situsnya. Keyword density ini diartikan dengan jumlah persen keyword yang ada di dalam artikel ataupun halaman utama blog. Secara harfiah, keyword adalah istilah frase kata kunci yang dimasukkan si pengguna pada mesin pencari atau search engine untuk menemukan informasi ataupun produk yang dicari.

Apa itu Keyword Density?
Menurut definisi lainnya, keyword density ialah kepadatan kata kunci atau berapa kali kata kunci yang muncul pada halaman website dibandingkan dengan total pada halaman artikel. Apabila kata kunci tersebut muncul berkali-kali dalam suatu artikel, maka bisa dikatakan jika kepadatan keyword density bernilai tinggi dan kalau muncul kurang dar itu berarti kepadatannya rendah.

Dalam dunia SEO, keyword density dimaksudkan sebagai persentase pengulangan kemunculan kata kunci yang biasanya berupa anchor text dan digunakan dalam sebuah postingan, halaman, dan seluruh homepage blog atau website supaya optimal pada hasil pencarian di search engine.

Artikel menarik:  Pengertian Linux

Perhitungan Keyword Density
Misalnya, sebuah teks terdiri dari 200 kata. Apabila keyword muncul 10 kali, maka keyword density-nya ialah 5%. Dalam teknik SEO sendiri, persepsi mengenai keyword density sering dianggap menjadi salah satu faktor yang turut menentukan apakah kata kunci ini relevan dengan halaman web. Anda pun juga bisa memprediksikan kata apa saja yang paling banyak ditulis dalam artikel, lalu hitunglah pengulangannya. Rumus untuk menghitung keyword density sendiri ialah:

Keyword Density = Jumlah Pengulangan Keyword / total kata di seluruh halaman x 100
Apabila Anda tidak mau repot, Anda dapat mengetahui dan mengukur kepadatan kata kunci tersebut dalam sebuah artikel dengan menggunakan tools keyword density checker yang banyak tersedia di Google. Dengan memperhatikan hal ini, Anda bisa sekaligus mengikuti setiap perubahan algoritma Google sehingga artikel yang Anda buat akan muncul di posisi terbaik pada search engine. Itulah penjelasan kami tentang apa itu keyword density? Semoga Bermanfaat!