Apa Itu Instagram?

Sobat Gaptex, kali ini kita akan mengulas sebuah pertanyaan sepele yang kerap dilontarkan oleh orang-orang yang gaptek : Apa itu Instagram? Pertanyaan seperti ini mungkin tak penting bagi yang sudah mengerti. Tetapi karena blog ini adalah anti gagap teknologi, maka kami merasa perlu membahasnya.

apa itu instagram

Di sisi lain, meskipun menjadi satu pemilik akun sosial media yang aktif, belum tentu Anda memiliki jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Jika Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang telah memiliki akun Instagram, pasti beberapa dari Anda juga belum mengetahui makna dari Instagram itu sendiri. Anda hanya bertindak sebagai pemakai yang konsumtif terhadap jejaring sosial.

Instagram sendiri merupakan satu aplikasi yang bisa secara bebas diunduh di satu perangkat handphone berbasis smartphone. Smartphone dengan bawaan OS Android ataupun iOS dari Apple. Dua jenis smartphone ini bisa dengan mudah mengakses atau terlebih dahulu mengunduh perangkat lunak ini dalam aplikasi Play Store pada OS Android sedangkan pada iOS bisa diunduh dari layanan App Store. Sebenarnya aplikasi instagram pertama kali muncul pada App Store milik Apple pada varian iPhone mobile.

Aplikasi Instagram ini merupakan aplikasi sosial media pertama yang diperuntukkan untuk pengguna yang gemar berfoto atau lebih dikenal dengan shelfie maupun berbagi foto. Instagram merupakan satu aplikasi yang termasuk ke dalam jejaring sosial pertama yang memungkinkan semua penggunanya untuk mengambil foto, mengedit, menerapkan filter digital dan membagikan foto ke semua teman yang terdaftar dalam akun Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk bisa meng-share foto yang telah diedit itu ke sejumlah media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, Posterous dan lain-lain. Aplikasi yang merupakan aplikasi freeware ini cukup laku di kalangan pengguna smartphone dengan jumlah downloader mencapai 1 juta orang hingga sekarang di seluruh dunia. Simak selanjutnya mengenai instagram di web officialnya disini.

Artikel menarik:  Pengertian Platform Android

Sangat jarang aplikasi sosial media yang mampu memberikan kenyamanan dan menjawab kebutuhan fotografi pemilik akun seperti yang dimiliki oleh Instagram. Hal ini sama seperti makna dari nama Instagram. Instagram terdiri dari dua gabungan kata yakni “insta” yang merupakan kependekan dari kata ‘instan” dan kata kedua “gram” yang merupakan kependekan dari “telegram”. Ketika kedua makna ini digabungkan, maka Anda akan mendapati padanan kata “instan” dan “telegram” yang maksudnya pemilik akun dapat mengirim atau mengupload foto secara cepat secepat cara kerja pengiriman sebuah telegram.

Semoga bermanfaat!