Seputar Tekno

Apa itu IIX?

Pernah dengar istilah IIX? Penasaran apa artinya? IIX bukanlah angka romawi, karena jika yang Anda maksud adalah angka delapan maka angka romawi yang benar adalah VIII. Jadi, apa itu IIX?

Apa itu IIX

IIX memiliki kepanjangan Indonesia Internet Exchange. IIX merupakan sebuah titik pusat lalu lintas data dalam sebuah jaringan nasional yang menghubungkan seluruh penyedia layanan internet (Internet Service Provider / ISP) yang ada di Indonesia. IIX didirikan pada bulan Agustus tahun 1997, dan sampai sekarang masih dioperasikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Kenapa kita memerlukan IIX?
Tentu saja, efisiensi dan efektivitas. Tanpa IIX, maka ISP-ISP yang ada di Indonesia akan berdiri sendiri-sendiri, seperti pada saat sebelum dibangunnya IIX. Kala itu, setiap ISP Indonesia saling terpisah satu sama lain, dan setiap ISP justru terhubung ke luar negeri tetapi tidak ke sesama ISP. Sehingga, bisa dibilang, cukup sulit untuk mengirimkan data ke pengguna internet lain di Indonesia. Data harus dikirimkan dulu ke ISP pengirim, lalu ke jalur luar negeri, sebelum bisa menyeberang ke ISP penerima dan diterima si penerima. Yah, bila digambarkan, data harus naik jalur keliling dunia, padahal pengirim dan destinasi akhir hanya terpisah jarak fisik beberapa kilometer saja. Dengan IIX, lalu-lintas data dalam ruang lingkup lokal dan nasional dapat segera dilakukan tanpa perlu melalui jalur luar negeri.

Selain lebih cepat, IIX juga meminimalisir biaya. Mungkin kita sering lupa bahwa data-data kita tidak dikirimkan secara gratis. Untuk lalu lintas data dan penggunaan bandwidth, setiap ISP harus membayar kepada pihak pemilik infrastruktur jaringan.

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

Indonesia Internet Exchange merupakan hasil pembangunan yang dilakukan oleh APJII, sebuah organisasi kumpulan para penyedia layanan internet di Indonesia, tanpa pembiayaan dari pemerintah. APJII membangun IIX dengan disponsori oleh beberapa vendor internasional, seperti Cisco, Bay, Microsoft, dan Hewlett Packard.

Kini, setelah adanya IIX, setiap ISP di Indonesia memiliki dua jalur lalu lintas data utama. Yang pertama menuju ke jalur luar negeri, sementara yang kedua menuju ke IIX. Karena semua ISP telah terhubung ke IIX, maka terbentuklah suatu jaringan skala nasional. Jika dulu untuk mengirim data ke tujuan yang masih satu negara membutuhkan lebih dari 12 kali tahap transfer dari node ke node, sekarang kita hanya membutuhkan sekitar 4 kali tahap transfer dari node ke node.

Tadi dikatakan, IIX pada dasarnya hanya merupakan sebuah titik yang menjadi tempat pertemuan jalur data dari semua ISP di Indonesia. Lalu, dimana titik ini berada? IIX berada di Cyber Building, 11th Floor, Jl. Kuningan Barat 8, Jakarta 12710.

Semoga bermanfaat!