Apa Itu HTML5?

HTML dikembangkan oleh W3C sampai tahun 2004 hingga sebagian dari anggota kelompok kerja HTML merasa terganggu dengan arah kemajuan W3C dengan HTML yang dinilai stagnan. Mereka merasa W3C tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap kebutuhan pengembangan dunia nyata bahasa dan berfokus terlalu banyak pada XML dan XHTML . Pada akhirnya, kelompok ini membentuk sebuah kelompok baru yang disebut WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group) yang bertujuan untuk mengembangkan spesifikasi baru HTML – HTML5.

Apa Itu HTML5

HTML5 adalah versi yang memperbarui HTML 4.01 dan XHTML 1.0. Fokusnya adalah pada kebutuhan pengembang aplikasi web dan menangani isu-isu yang ditemukan dalam spesifikasi terbaru.

HTML5 Sudah Bisa Digunakan
Meski HTML5 belum sepenuhnya selesai, Anda dapat menggunakannya Pada browser yang mendukung. Hampir seluruh browser besar telah mendukung HTML5, seperti Firefox, Vhrome, Opera, IE 8 dan lain sebagainya.

Mengapa Anda Harus Mempelajari HTML5
HTML5 adalah spesifikasi terbaru untuk HTML yang akan digunakan pada masa depan. Satu hal baik tentang HTML5 adalah bahwa ia mencoba untuk tetap kompatibel dengan versi terdahulu.

Pada HTML5, ada banyak atribut baru dan tag dibangun hanya untuk aplikasi Web. Sebagai contoh, ada sejumlah event baru untuk drag dan drop :

ondrag
ondragstart
ondragend
ondrop

Dan lain sebagainya.

Pada saat ini, belum ada banyak dukungan untuk HTML5. Seiring waktu berjalan, diyakini dukungan akan terus bertambah.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part