Apa itu Frame Relay

Frame relay (FR) adalah salah satu protokol WAN yang memiliki performa tinggi dan mampu memberikan koneksi jaringan WAN hingga 2,048 Mbps, bahkan dapat lebih tinggi, ke berbagai belahan dunia. FR memakai sirkuit virtual untuk mengoneksi beberapa site yang juga memberikan lebar pipa bandwidth berskala. Dengan menggunakan FR, Anda dapat meminimalkan masalah-masalah jaringan.

Apa itu Frame Relay

Dalam artian sederhana, Frame Relay juga menjadi teknologi komunikasi berkecepatan tinggi yang sudah diterapkan pada ribuan jaringan di seluruh dunia untuk menghubungkan SNA, LAN, internet atau bahkan aplikasi voice. Cara mengirimkan informasi melalui WAN dengan membagi informasi tersebut menjadi sebuah frame atau paket. Masing-masing paket akan memiliki alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Kemudian, paket ini akan melewati switch dalam jaringan FR dan akan dikirimkan kembali lewat virtual circuit sampai tujuannya.

Frame relay di desain khusus untuk transmisi digital melalui medium handal yang biasanya ialah fiber optik. Sehingga apabila dibandingkan maka jaringan yang menggunakan sistem X 25 akan di anggap tidak handal seperti line telepon. Hal ini dikarenakan X 25 di desain untuk transmisi analog bukan digital. Selain itu, beberapa fitur utama dari frame relay adalah:
· Memberikan transfer data hingga 1,54 Mbps
· Memberikan deteksi error namun tidak memberikan recovery error
· Memiliki ukuran paket yang bervariabel
· Dapat dipakai sebagai koneksi backbone untuk jaringan LAN
· Dapat di implementasikan lewat berbagai macam koneksi sambungan
· Bandwitch dinamik dan overhead yang rendah

Artikel berhubungan:  Jenis-Jenis Scanner dan Fungsinya

Ketika Anda telah menandatangani kontrak untuk berlangganan jasa frame relay, Anda akan mendapatkan level layanan yaitu CIR atau Committed Information Rate. CIR merupakan batas jaminan maksimal rate transmisi yang diterima oleh klien. Apabila trafik jaringan rendah, maka Anda dapat mengirim data dengan cepat seperti melebihi batas maksimal CIR. Jika trafik meningkat, maka prioritas pun akan diberikan pada data dari klien dengan CIR yang lebih tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena frame relay menyimpulkan medium transmisi yang handal sehingga switch akan melakukan pemeriksaan eror. Sumber error kebanyakan bukan berasal dari data corrupt tapi karena terhambatnya jaringan atau kepadatan aliran data.