PC

Apa Itu File dwm.exe?

Kemungkinan besar, Anda membaca artikel ini karena Anda tengah bertanya-tanya mengenai mengapa proses dwm.exe memakan penggunaan memori yang begitu besar, ketika Anda melihatnya di task manager, sehingga Anda penasaran apa yang dilakukannya. Jangan khawatir, kita punya jawaban untuk pertanyaan tersebut disini.

Apa Itu File dwm.exe

Apa itu file dwm.exe?
File dwm.exe merupakan bagian dari Microsoft Windows Desktop Windows Manager dan adalah file Windows yang valid yang memang perlu dijalankan di komputer Anda. File ini membantu menangani efek-efek visual yang hadir pada Windows Vista dan Windows 7. Di antara efek-efek tersebut, termasuk tampilan transparan atau seperti kaca pada berbagai jendela aplikasi, fitur Flip 3D Alt-tab untuk navigasi antara satu jendela ke jendela lain, live preview thumbnail program, serta rendering setiap jendela yang sedang ditampilkan di komputer Anda.File dwm.exe membuat sistem operasi mampu menggunakan fitur hardware acceleration pada kartu grafis sehingga memungkinkan animasi efek visual yang selancar dan selembut mungkin.

Karena menangani user-interface jendela program, semakin banyak jendela program yang dibuka, proses dwm.exe akan semakin banyak pula memakan memori. Bahkan ia bisa mencapai beberapa puluh megabyte. Hal ini merupakan perilaku normal proses dwm.exe. Secara tipikal, file dwm.exe biasa memakan sekitar 30 MB hingga 50 MB memori.

Bagaimana bila file dwm.exe dimatikan?
Nah, jika Anda merasa terganggu dengan jumlah memori yang digunakan oleh file dwm.exe, dan ingin meningkatkan performa komputer Anda dengan tidak menggunakan file dwm.exe, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Pertama, Anda bisa menjaga jumlah memori yang digunakan file dwm.exe dengan tidak membuka terlalu banyak jendela sekaligus, jika memungkinkan. Kedua, jumlah memori yang digunakan file dwm.exe, meski tampak lebih besar dari kebanyakan proses lain di task manager, tidaklah sesignifikan itu – kecuali, jika ukuran RAM yang tersedia di komputer Anda memang amat sangat minim.

Kalau Anda menggunakan Windows Vista, Anda bisa mengganti tema ke Windows Vista Basic. Pada tema ini, file dwm.exe masih akan berjalan, tetapi jumlah memori yang ia gunakan akan berkurang cukup drastis.

Hal yang serupa juga berlaku pada Windows 7. Anda bisa mematikan fitur Windows Aero supaya jumlah memori yang digunakan file dwm.exe berkurang cukup banyak.

Bagaimana cara mematikan file dwm.exe secara permanen?
Kalau Anda benar-benar merasa bahwa efek-efek visual yang ditawarkan itu tidak dibutuhkan dan Anda sungguh ingin memaksimalkan potensi penggunaan memori, Anda bisa mencoba mematikan file dwm.exe secara permanen. Buka Control Panel, lalu pilih Services. Pada jendela yang ditampilkan, buka Desktop Windows Manager. Kemudian, silahkan klik Stop untuk mematikan fitur tersebut. Pada opsi Startup type, pilih Disabled. Dengan demikian, file dwm.exe tidak akan lagi dijalankan secara otomatis setiap kali komputer Anda dinyalakan.

Semoga bermanfaat!