Apa itu CMD?

Sampai saat ini, mungkin masih banyak di antara Sobat Gaptex yang belum mengetahui apa itu CMD atau bahkan apa kegunaannya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja unsur-unsur dari CMD ini yang sudah kami rangkum sebagai berikut. Secara singkatnya, CMD sering disebut dengan Windows Command Processor atau juga sering dikenal dengan Command Shell.

Apa itu CMD

Pengertian CMD
CMD merupakan singkatan dari Command Prompt yang berarti sebuah perintah DOS yang ada di Windows, yang nantinya bisa Anda akses baik online maupun offline. CMD sendiri mempunyai fitur yang cukup menarik dan berguna yaitu Anda dapat mengakses, mengganti nama, hingga memindahkan file dengan mudah.

Baca Juga: [LENGKAP] Daftar Perintah CMD dan Fungsinya

Fungsi & Kegunaan
Fungsi utama dari CMD adalah untuk menjalankan suatu perintah. CMD sendiri paling umum digunakan untuk menjalankan file batch, serta melakukan berbagai macam fungsi administrasi dan memecahkan kendala pada Windows.

Selain itu, CMD juga memiliki banyak fungsi yang sangat penting untuk sebagian system operasi, contohnya saja pada system operasi Linux yang membutuhkan banyak macam perintah CMD untuk menjalankannya. Fungsi yang diusung oleh CMD yaitu diantaranya untuk mengganti nama suatu file, menggandakan atau memindahkan file, dan masih banyak lagi.

Artikel menarik:  Pengertian Brainware

Cara membuka atau menjalankan CMD pada system operasi Windows sangatlah mudah. Apapun versi Windows, cara untuk membuka CMD tetaplah sama yaitu:
· Tekan dan tahan logo bendera Windows di keyboard
· Lalu tekan huruf ‘R’
· Tuliskan CMD dan tekan enter

Contoh Perintah CMD
Beberapa contoh perintah dalam CMD sendiri yaitu:
· Attib, perintah yang digunakan untuk mengubah suatu direktori atau file
· Append, perintah yang digunakan untuk membuka file dalam direktori lain
· Call, perintah yang digunakan untuk menjalan sebuah batch atau skrip dalam suatu program
· CHKDSK, perintah ini digunakan untuk memeriksa kesalahan pada disk atau drive
· CHDIR, perintah yang digunakan untuk menampilkan folder dan drive yang Anda inginkan
· CLS, perintah yang digunakan untuk membersihkan atau menghilangkan seluruh teks perintah yang ada di layar, sehingga dapat memasukkan perintah baru dengan mudah.