Seputar Tekno

Apa itu Cloud Hosting?

Saat ini banyak perusahaan penyedia hosting yang memberikan paket-paket hosting berbasis Cloud Hosting. Tetapi tidak sedikit pula yang masih asing dengan istilah Cloud Hosting ini. Lantas apa itu Cloud Hosting? Cloud Hosting merupakan salah satu teknologi dengan layanan yang dapat terhubung oleh banyak server sehingga dapat berinteraksi satu sama lain dan juga untuk menjaga performa.

Apa itu Cloud Hosting

Secara garis besar, Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terkoneksi dengan banyak server supaya pengguna tidak perlu khawatir dengan kinerja server tersebut akan tidak stabil atau sumber daya terbatas pada layanan hosting tradisional seperti shared hosting atau dedicated server. Teknologi ini memungkinkan Anda memiliki resource yang tidak terbatas sebab terhubung ke banyak mesin fisik agar memudahkan Anda untuk menambahkan server baru secara on the fly tanpa menganggu proses yang sedang berjalan.

Beberapa kelebihan dari penggunaan Cloud Hosting adalah:

1. Menghindari Keterbatasan Software
Cloud Hosting menjamin kebutuhan pengguna akan RAM, CPU, Quota Harddisk dan proses sepenuhnya terpenuhi. Saat kebutuhan meningkat, Anda dapat memperluas kapasitas sesuai dengan jumlah yang di inginkan. Perusahaan hosting juga bisa menambahkan banyak sumber daya sesuai dengan permintaan pelanggan.

Artikel menarik:  Kenali OS OpenBSD

2. Skalabilitas yang tinggi dan kinerja yang baik
Tidak ada batasan akan jumlah skalabilitas yang mampu di capai dengan Cloud Hosting contohnya penambahan atau pengurangan resource tidak mengganggu alur kerja yang sedang berjalan. Sumber daya tersebut akan di dedikasikan secara penuh agar tidak ada resource yang tidak terpakai. Anda jadi tak perlu khawatir dengan konfigurasi load balancer saat website memiliki trafik yang tinggi.

3. Membayar Sesuai Kebutuhan
Cloud Hosting mempunyai pengelolaan sumber daya tersendiri supaya Anda dapat menentukan sumber daya yang dibutuhkan. Pengguna dapat memilih ukuran server yang meliputi RAM, Disk Space dan juga sistem operasi seperti Linux atau Windows. Pengguna akan membayar sesuai resource yang digunakan seperti penggunaan bandwidth dan memori. Salah satu sistem operasi Cloud Hosting adalah CloudLinux yang menerapkan lightweight virtualized environments (LVE).