Berita

Apa itu Clickbait?

Clickbait atau jebakan klik pasti sering Anda temui saat browsing. Singkatnya Clickbait ialah trik membuat judul yang sensasional agar pembaca penasaran dan mengklik judul berita tersebut. Namun seringkali, yang membuat jengkel ialah saat judul Clickbait tidak sesuai dengan isi berita yang diinformasikan.

Apa itu Clickbait

Awalnya Sobat Gaptex akan penasaran dengan judul yang amat menarik, tapi saat dibuka hanya berita zonk. Media memang tidak jarang menjebak pembaca meski terkesan berlebihan dan penuh kebohongan, bahkan penipuan konten.

Orang yang membuat dengan judul yang lebih mengarah ke Clickbait di anggap melanggar prinsip jurnalisme dan hanya membuat berita sampah. Clickbait juga sering disebut “bentuk terendah jurnalisme media sosial”.

Sebagai contoh saat ada artikel dengan judul “Mengilangkan jerawat dalam semalam dengan…” padahal isinya ialah sebuah produk kecantikan yang pastinya belum bisa menghilangkan jerawat. Sialnya, masih banyak orang yang tertipu dengan meng-klik judul berita tersebut.

Artikel menarik:  Laptop Chipset Smartphone? Perkenalkan Asus NovaGo & HP Envy x2

Sebenarnya Clickbait bukan hal baru. Istilah lamanya ialah Tease, gaya penyiaran berita dan televisi. Biasanya presenter menyampaikan kata-kata sebelum jeda iklan agar penonton/pendengar stay tune alias “tidak ke mana-mana”. Misalnya, “usai jeda iklan berikut ini, sejumlah informasi menarik lain akan hadir untuk Anda, jadi tetaplah bersama kami!”.

Umumnya, jebakan klik cenderung merupakan penipuan terhadap pembaca atau tidak sesuai dengan harapan dan imajinasi mereka.
Setelah mengetahui apa itu Clickbait, diharapkan Anda harus mengabaikannya. Jangan Klik judul berita yang menjebak.