Apa Itu Cardioid Microphone?

Sebelum mengenal lebih jauh apa Itu Cardioid Microphone, sebaiknya kita tahu dulu apa arti dari Microphone dan jenis-jenisnya. Microphone atau bahasa Indonesianya, Mikrofon ialah salah satu transduser (perangkat yang mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya) dimana mikrofon mengubah energi akustik (gelombang suara) menjadi energi listrik.

Apa Itu Cardioid Microphone

Mikrofon juga berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk merekam signal audio baik vocal, akustik intrumen atau apapun yang bisa menjadi sumber suara.

Bila dilihat dari cara bagaimana mikrofon merespon suara yang berasal dari arah berbeda, terdapat dua jenis karakteristik yakni omnidirectional dan unidirectional. Secara sederhana, karakter directionally / polar pattern ini menentukan dari arah mana saja microphone tersebut dapat menangkap suara.

Pertama-tama, kita akan membahas tentang Microphone omnidirectional. Jenis mikrofon ini dapat menangkap suara dari segala arah. Sebaliknya microphone unidirectional paling sensitif dengan suara yang datang hanya dari satu arah saja. Jenis ini akan tampil rounded dalam grafik polar namun tidak berupa lingkaran.

Dan tipe paling umum dari jenis unidirectional microphone adalah Cardioid yang memiliki polar pattern menyerupai bentuk jantung.

Artikel menarik:  Mengenal Sistem Operasi Solaris

Cardioid yang memiliki arti “berbentuk hati” ini merupakan salah satu pola menangkap suara pada mikrofon. Suara yang ditangkap oleh mikrofon jenis ini kebanyakan berasal dari arah depan dan sedikit di bagian samping mic.

Jika dilihat pada gambar, arah depan dalam grafik polar merupakan arah 0 derajat. Semakin ke samping, semakin tidak sensitif dan arah yang memiliki sensitivitas paling buruk mendekati arah belakang.

Untuk setiap mikrofon, arah dimana sensitivitasnya paling buruk disebut Null angle. Mikrofon jenis Cardioid ini memiliki Null Angle yang berada di arah 180 derajat yang merupakan daerah belakang mic tersebut.

Kegunaan Cardioid Microphone ialah Mengutamakan suara dari arah ke mana mic di arahkan. Sebagai tambahan catatan, mic tipe Cardioid sangat fleksibel dan ideal untuk pemakaian umu. Kebanyakan mic genggam bersifat Cardioid.