Apa itu Bixby

Bixby merupakan asisten digital yang diperkenalkan oleh Samsung bersamaan dengan smartphone flagship mereka yaitu Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di Gaffen Hall, Lincoln Center, Amerika Serikat pada tanggal 29 Maret 2017 lalu. fitur ini tersedia secara default di kedua ponsel premium tersebut dan menjadi salah satu selling point oleh Samsung.

Apa itu Bixby

Bahkan, asisten digital Bixby mampu menyedot perhatian para awak media yang hadir dalam acara peluncuran seri Galaxy terbaru yakni S8 dan S8 Plus. Bixby sama seperti Siri di iOS atau Cortana di Windows yang bertujuan untuk membantu para pengguna ketika menggunakan smartphone. Seperti asisten virtual lainnya, Bixby akan mengenali kebiasaan pengguna supaya dapat memberikan rekomendasi terbaik dalam segala hal.

Bixby memiliki beberapa kemampuan standar seperti melakukan pencarian, pengingat, mencatat aktivitas yang sudah dan akan dilakukan, serta aktivitas lainnya. Ada pula layanan menarik dari Bixby yaitu kemampuannya untuk mencari sesuatu hanya dengan menggunakan kamera saja.

Contohnya, Sobat Gaptex melihat sebuah pakaian yag sangat bagus atau perangkat elektronik yang menarik perhatian. Namun, Anda tidak tahu nama, merk ataupun model dari barang tersebut. Jangan risau, dengan kemampuan Bixby ini, Anda tinggal memotret barang itu dan Bixby akan segera mengidentifikasinya serta mencarinya ditoko terdekat.

Artikel berhubungan:  Perbedaan Wireless Access Point dan Wireless Router

Selain itu, jika pengguna memilih “Shopping”, Bixby akan memberikan informasi dimana saja toko online yang menyediakan barang tersebut. Menarik bukan? Dari segi tampilan pun, Bixby terlihat sangat simpel dan fresh sehingga mirip seperti timeline yang ada pada Google Now.

Bixby mengusung fitur perintah suara, sehingga saat ini hanya dapat memahami bahasa Inggris dan Korea saja. Seiring berjalannya waktu, Samsung berencana akan terus menggulirkan dukungan pembaruan untuk bahasa lainnya. Namun perusahaan elektronik raksasa itu belum mengungkapkan jadwal peluncuran untuk tambahan bahasa. Terlebih lagi, Bixby baru bisa digunakan di 11 negara maju termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan.

Untuk saat ini, Bixby hanya dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi bawaan atur fitur lainnya yang tersemat pada smartphone Samsung. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Bixby akan berkembang lebih jauh sampai akhirnya bisa digunakan oleh aplikasi pihak ketiga.