Apa itu Apple Homepod?

Saat ini, beberapa perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Amazon, dan Samsung tengah gencar mempromosikan perangkat speaker pintar. Jika Google punya Google Home, Amazon punya Amazon Echo, Samsung tengah mengembangkan speaker Vega, bahkan ada pula vendor chatting Line yang mengumumkan speaker pintar bertajuk Line Wave, brand khas Steve Jobs pun tak ingin kalah karena Apple telah meluncurkan Homepod, speaker pintar dengan dukungan asisten digital Siri.

Apa itu Apple Homepod

Speaker pintar Homepod menjadi salah satu produk baru dari Apple yang berhasil menyedot perhatian pengunjung di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017 di California, Amerika Serikat. Speaker ini mampu bekerja berdasarkan perintah suara, termasuk untuk mengatur suhu ruangan dan memainkan musik layaknya speaker lainnya.

Homepod mengusung desain yang sangat minimalis dengan tinggi tidak sampai 18 cm dengan bobot 2,5 kg dan diameter berkisar 14 cm. Dengan bobot seperti itu, maka tidak heran jika speaker pintar ini agak berat namun Anda akan memakluminya karena di dalam Homepod telah penuh dengan komponen audio berkualitas.

Pada bagian dasarnya, terdapat 7 buah tweeter yang masing-masing di dukung oleh unit amplifier sendiri. Kemudian pada bagian tengah terdapat 6 buah mikrofon untuk menangkap perintah dari pengguna secara akurat. Lalu dipaling atasnya terdapat sebuah woofer berukuran cukup besar yang akan mengguncang ruangan Anda dengan dentuman bass super.

Artikel berhubungan:  Pengertian Blackberry Handcarry atau Ex USA

Semua komponen itu dibalut dengan material kain hitam bermotif jaring yang terlihat sangat mulus tanpa adanya jahitan di setiap sisi-sisinya. Anda juga tidak akan melihat tombol satu pun di tubuh Homepod, selain menggunakan sentuhan di panel atasnya, pengoperasiannya juga menggunakan perintah suara yang dibantu oleh asisten virtual Siri.

Melalui Siri, HomePod bisa memainkan rekomendasi musik apabila dihubungkan dengan layanan Apple Music, mengirim pesan, mengecek berita dan skor olahraga, bahkan bisa mengontrol perangkat pintar di rumah Anda yang kompatibel seperti bola lampu dan termostat. Speaker ini akan menjadi pesaing utama speaker Echo dan asisten digital Alexa milik Amazon. Apple HomePod akan tersedia di pasaran Amerika, Inggris, dan Australia di bulan Desember 2017 dengan harga jual US$349 dengan variasi warnanya ada 2 yaitu hitam dan putih.