Seputar Tekno

Apa Itu Ansible?

Ketika Anda dihadapkan dengan pilihan yang harus melakukan installasi secara berulang-ulang ataupun harus menginstal aplikasi yang sama dibanyak server, tentu saja hal ini merupakan hal yang menjengkelkan. Bayangkan seandainya Anda harus menginstal aplikasi di 50 atau 100 server sekaligus, pastinya Anda jadi bosan, kesal, pusing dan sebagainya. Mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan Ansible atau Simpe IT Automation.

Apa Itu Ansible

Di zaman cloud seperti saat ini, sudah menjadi rahasia umum bila satu orang atau server administrator memegang lebih dari satu server. Hal tersebut membuat para admin sistem kesulitan untuk otomasi server. Dengan kehadiran ansible, para devops atau sistem administrator menjadi terbantu untuk urusan instal dan konfigurasi server dapat dilakukan secara otomatis. Umumnya, ansible merupakan suatu platform yang digunakan untuk mengelola server-server.

Ansible adalah sebuah perangkat lunak komputer (software) yang bisa membantu seorang sistem administrator atau devops untuk melakukan otomasi di servernya. Dengan Ansible, mereka dapat melakukan instalasi, deployment, bahkan mengupdate server. Ansible mampu terkoneksi dengan server semacam LDAP dan Kerberos, lalu mengatur semua hal yang ada di dalamnya. Sistem kerja ansible biasanya tidak membutuhkan agen khusus melainkan hanya dengan koneksi SSH.

Ansible berjalan pada koneksi SSH remote ke client yang ingin di deploy atau dilakukan otomasi. Ansible pula membutuhkan data server tujuan (inventory). Pada langkah berikutnya, ansible memegang peranan aktif menjadi playbook dan roles. Konfigurasi dapat ditulis dengan format mark up YAML karena sangat mudah dibaca oleh manusia. Sedangkan untuk environment variabel dapat ditulis pada format JSON. Sehingga ansible dapat menjadi dokumentasi tersendiri nantinya. Ansible dapat digunakan pada Linux dan Ubuntu.

Banyak sekali kelebihan tool ansible, namun ada beberapa yang paling menonjol adalah cara kerjanya. Cara kerja ansible ini termasuk simpel dan mudah dilakukan. Saat Anda memakai ansible, alat ini akan langsung terhubung dengan server secara otomatis. Kemudian, koneksi akan diproses menggunakan SSH Connection yang menghasilkan program Ansible Modul. Saat Anda telah selesai menggunakan ansible, maka ansible modul akan langsung terhapus dari server.