Apa Arti Retina Display Pada New iPad Mini?

Istilah Retina Display belakangan kembali sering terdengar setelah Apple meluncurkan New iPad Mini with Retina Display (iPad Mini 2) Oktober 2013 silam. Padahal, teknologi “Retina Display” sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sejak Juni 2010 ketika iPhone 4 diluncurkan. Retina Display merupakan nama yang diberikan Apple untuk menggambarkan layar resolusi tinggi dimana retina mata kita tidak dapat melihat atau membedakan piksel dari layar.

Apa Fungsi Retina Display Pada New iPad Mini

“Beningnya” layar dan tampilan warna yang jernih dan nyaman di mata memang menjadi salah satu ciri khas dari berbagai produk Apple. Fitur retina display muncul di versi terbaru gadget yang dihasilkan Apple seperti iPhone (mulai iPhone 4), iPad 2, iPod Touch 5 dan yang terbaru New iPad Mini.

Pengertian Retina Display
Syarat utama dari Retina Display adalah kedalaman pixel yang lebih besar dari 163 ppi. Meski ada banyak sekali merek lain yang memiliki kedalaman pixel yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi, Apple mengklaim Retina Display merupakan yang terbaik bagi retina mata. Tak peduli besar dan hebatnya resolusi yang ditawarkan, retina display merupakan komposisi paling sempurna bagi mata yang melihatnya.

Meski demikian, secara umum semakin besar dan tinggi resolusi maupun kontras rasio, semakin baik pula tampilan yang diberikan. Istilah retina display saat ini hanya dikenal untuk produk Apple meski besar kemungkinan device merek lain juga memiliki fitur serupa.

Artikel menarik:  Pengertian Wireless, HotSpot & WiFi

Kelebihan Retina Display
– Pengguna tidak dapat membedakan pixel pada layar sehingga gambar atau tulisan tampak lebih natural
– Tampilan lebih hidup
– Mata tidak cepat lelah
– Beban mata berkurang

Faktor Pendukung Retina Display
– Kedalaman pixel yang lebih besar
– Contrast Ratio yang besar (Putih yang lebih terang dan hitam yang lebih legam)
– Layar IPS yang meningkatkan fleksibilitas sudut pandang
– Layar kaca kimia pelapis cahaya LED yang meningkatkan kualitas gambar

Produk Apple yang mengusung teknologi Retina Display
– iPhone 5
– 5th Generation iPod touch
– iPad mini
– 4th Generation iPad
– 3rd Generation iPad
– iPhone 4S
– iPhone 4
– 4th generation iPod touch

Semoga mencerahkan!