Antara Blackberry Lock, Hardlock dan Suspend

Mempersoalkan ragam blackberry yang hadir di Indonesia, ada 3 jenis yang kerap ditemui oleh para pengguna bb yang membelinya tidak melalui jalur resmi yang seharusnya. Pada jenis yang original, bergaransi atau BNIB (brand new in box), unit blackberry tidak membutuhkan perlakuan khusus, sebab pengguna tinggal memasukkan sim sebelum bisa digunakan secara normal. Jika bermasalah pun, maka kita dapat dengan mudah melakukan klaim garansi.

Hal yang berbeda jika menyangkut blackberry yang datang dari sumber yang lain, misalnya saja blackberry ex atau hand carry USA yang cukup marak memenuhi pasar blackberry Indonesia, termasuk blackberry yang barangkali Anda beli ketika tamasya di luar negri. Bb-bb tersebut membutuhkan treatment khusus yang bernama “unlock” jika masih terlock operator aslinya. Meski tidak seluruh blackberry yang berasal dari luar negri membutuhkan unlock, faktanya hampir 90% jenis yang beredar di Indonesia adalah blackberry bundling lock operator yang membutuhkan unlock sebelum dapat membaca sim card Indonesia.

bb lock

Di dalam negri, kita dapat menemukan hal yang serupa pada Blackberry yang dikeluarkan oleh Indosat yang membutuhkan unlock jika ingin dipakai menggunakan operator lain seperti xl atau simpati.

Perlu diketahui bahwa ada perbedaan prinsip antara lock pada bb GSM dengan CDMA yang menjadikan proses unlocknya pun berbeda. Pada post kali ini, lock yang dibahas adalah khusus mengenai blackberry gsm saja supaya tidak membingungkan.

BB lock
Blackberry yang berasal dari luar negri (kebanyakan) atau Indonesia yang dijual secara bundling (Indosat, Axis, dsb) merupakan jenis yang locked carrier/operator. Artinya, blackberry tersebut hanya dapat digunakan dengan sim card operator aslinya. Meski demikian, blackberry jenis ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk melakukan unlock secara legal dan permanen. Untuk melakukan unlock, pengguna dapat memasukkan kode unlock yang bisa diperoleh dari jasa unlock blackberry yang tersedia. Proses unlock yang harus dilakukan cukup sederhana, cepat dan murah. Bahkan seluruhnya bisa dilakukan secara remote alias jarak jauh.

Artikel berhubungan:  Review Blackberry Huron 8830 GSM CDMA : Murah & Maknyus

BB Hardlock
Pada blackberry lock, ada jumlah kesempatan yang diberikan kepada pengguna untuk memasukkan kode unlock. Banyaknya kesempatan ini biasanya adalah 10 kali. Kita dapat mengenalnya dengan cara melihat MEP attemp left pada combo yang disediakan untuk memasukkan kode unlock. Jika kode yang dimasukkan tidak sesuai, maka kesempatan (mep left) akan berkurang. Ketika jumlah mep left sudah mencapai 0, pada saat itulah sebuah blackberry masuk dapat kategori hardlock. Untuk mengatasi bb hardlock, treatmentnya akan lain lagi. Selain berbiaya sangat mahal, bisa dipastikan melakukan unlock pada bb yang hardlock adalah ilegal dan melanggar ketentuan penggunaan. Dengan demikian bahwa tukang unlock menggolongkan bb hardlock sebagai penghuni tong sampah alias sudah tidak lagi layak untuk diselamatkan.

BB Suspend
Suspendnya sebuah unit blackberry sebetulnya tidak lagi berhubungan dengan lock atau hardlock. Sebab seluruh blackberry dapat mengalami suspend tak peduli sejarahnya. Sebuah blackberry yang dibeli melalui jalur resmi pun dapat mengalami suspend.

Ada 2 alasan mengapa bb suspend :
1. BB diperdagangkan secara “ilegal”
2. BB dilaporkan sebagai barang curian telah dilaporkan sebelumnya oleh pemilik BB bahwa BBnya hilang.

Ciri khusus dari sebuah bb yang suspend meliputi :
1. Tidak bisa BBM
2. Tidak ada ijin untuk masuk “blackberry.net” sehingga tidak bisa akses intenet.

Mengenai bb suspend, akan kita bahas secara mendalam pada post khusus yang dapat Anda simak di Gaptex.com.

Semoga post kali ini bermanfaat