Anda Tahu Indosat Ooredoo?

Pembaca gaptex, Anda pasti sudah kenal betul dengan Indosat, bukan? Tentu saja, karena Indosat merupakan salah satu provider seluler terkemuka di Indonesia dengan beragam produknya seperti Mentari, IM3 dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan Ooredo? Atau Indosat Ooredo? Nah untuk yang satu ini mungkin Anda belum tahu.

Indosat Ooredoo

Dilansir dari beberapa sumber online, Indosat dikabarkan akan segera berganti nama. Tak berganti seluruhnya, melainkan hanya ditambahkan Ooredo saja dibelakang menjadi Indosat Ooredoo. Mengapa demikian? Sebab Ooredo atau Ooredoo Asia Pte. Ltd menguasai 65% saham Indosat.

Asal Mula Penjualan Indosat
Kita semua tahu bahwa Indosat bukan lagi milik bangsa Indonesia sepenuhnya. Sejak tahun 2002 silam, saham Indosat sudah mulai dijual ke luar negri dan hingga saat ini belum di ‘buyback’ karena harga yang membumbung tinggi untuk setiap lembar saham.

Pada awalnya di tahun 2002, saham Indosat dijual ke Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd. (STT) sebanyak 41,94%. Menyusul kemudian, pada 2008 saham Indosat secara tidak langsung diakuisisi oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) melalui Indonesia Communications Limited (ICLM) & Indonesia Communication Pte. Ltd. (ICLS) sejumlah 40,81%.

Terakhir, Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65% pada 2009 hingga kini. Qtel adalah Ooredoo Asia Pte. Ltd.

Demikianlah cerita dibalik nama baru Indosat Ooredoo. So, kalau ada yang menanyakan, Anda sudah tak gaptek lagi kan?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part