Alasan & Solusi Kontak BBM Hilang Saat Migrasi ke Android

Jika Anda pengguna BB jadul atau model baru yang jarang melakukan update, bisa jadi Anda akan menemui masalah ketika memindahkan kontak BBM Anda ke handheld Android atau iPhone. Tak hanya histori percakapan atau daftar group saja, seluruh kontak yang Anda miliki bisa hilang seketika.

Alasan & Solusi Kontak BBM Hilang Saat Migrasi ke Android

Menu Backup & Restore
Mulai dari BBM 7, menu backup dan restore tak lagi tersedia. Semua kontak, histori chat, group dan data BBM akan disimpan oleh server berdasarkan Blackberry ID (BBID) masing-masing. Hal yang sama juga berlaku untuk BBM 8 yang saat ini merupakan versi paling update.

Hal yang berbeda berlaku pada BBM sebelum versi 7, yaitu BBM 6 kebawah dimana seluruh kontak perlu dibackup dan restore. Nah, kebanyakan para pengguna BB jadul (Onyx 1 kebawah) jarang melakukan update BBM dengan alasan takut BBM versi baru berjalan lamban. Hal yang sama juga terjadi pada pengguna BB anyar yang tak pernah mengupdate BBM dengan berbagai alasan.

BBM 6 Kebawah Ketika Migrasi
Ketika seseorang hendak memindahkan perangkat BBM-nya ke Android atau iPhone, masalah muncul karena para pengguna BBM 6 kebawah akan kehilangan seluruh kontak miliknya meski sudah menggunakan BBID yang sama persis. Restore kontak pun tak bisa dilakukan karena memang BBM di Android & iPhone tidak menyediakan menu tersebut.

Artikel berhubungan:  Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus

Solusi Jika Belum Migrasi
Jika belum memindahkan kontak BBM, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu versi BBM di Blackberry Anda. Apabila masih versi 6 kebawah, segera lakukan update melalui Blackberry App World. Jika sudah, biarkan BBM versi terbaru itu berjalan setidaknya 1×24 di perangkat Blackberry Anda. Selanjutnya, silahkan pindahkan BBID Anda ke device lain dan seluruh kontak akan otomatis terbawa.

Solusi Jika Sudah Migrasi
Jika Anda sudah melakukan migrasi dan mendapati kontak yang 0, jangan panik. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan login BBID di perangkat Blackberry kembali. Jika BBM di perangkat Blackberry sudah terlanjur diupgrade, silahkan downgrade BBM ke versi 6 melalui sofware yang tersedia (search di Google BBM 6 OTA).

Jika sudah, biasanya seluruh kontak akan kembali lagi. Nah, selanjutnya silahkan ikuti langkah seperti di “solusi jika belum migrasi” diatas.

Semoga bermanfaat!