Berita

Akhirnya, Firefox Ungguli Internet Explorer!

StatCounter, sebuah lembaga riset web traffic yang berbasis di Dublin, Irlandia, baru saja merilis data terbaru terkait penggunaan web browser di kalangan pengguna internet di dunia. Berdasarkan data terbaru yang rilis April 2016, Firefox akhirnya mengungguli Internet Explorer. Di akhir kuartal pertama tahun ini, Firefox telah digunakan oleh 15,6% pengguna, sementara Internet Explorer digunakan sebanyak 15,5% pengguna internet.

Akhirnya, Firefox Ungguli Internet Explorer!

Beberapa tahun terakhir ini, banyak web browser baru yang bermunculan dan mencoba peruntungan di pasar pengguna internet, seperti Opera dan Safari. Meski demikian dari sekian banyak yang ada, tampak bahwa Chrome masih menjadi favorit dengan penguasaan pasar sebesar 60,5% di akhir kuartal pertama tahun 2016. Posisi web browser besutan Google tersebut diketahui semakin menanjak sejak tahun 2011.

Menurut data StatCounter per September 2011, posisi teratas ketika itu masih diduduki oleh Internet Explorer dengan angka 41,7%. Berada di posisi kedua adalah Firefox dengan perolehan 26,8% dan posisi ketiga adalah Chrome dengan persentase 23,6% dari pengguna internet secara global. Ketika itu, Chrome diperkirakan akan mengungguli Firefox beberapa bulan ke depan karena persentasenya terus meningkat sekitar 8% sejak awal tahun 2011. Sebaliknya, persentase Firefox dan Internet Explorer cenderung menurun.

Artikel menarik:  Lenovo & Google Berkolaborasi Buat Touchscreen Makin Pintar

Akhirnya, pada Desember 2011, tidak hanya Firefox yang diungguli oleh Chrome, tetapi juga Internet Explorer. Data yang diperoleh dari StatCounter menunjukkan bahwa pangsa pasar Chrome mencapai 23,63%, sedikit di atas Internet Explorer yang memiliki pangsa pasar 23,50%. Sebagian besar pengguna Chrome berdomisili di Inggris, sedangkan Internet Explorer lebih banyak digunakan di Amerika Serikat. Persentase Firefox sendiri saat itu berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar sebesar 12,12%.

Seiring berjalannya tahun, posisi Chrome terus menanjak signifikan dengan tetap bertahan di urutan pertama hingga tahun 2016 ini. Berada di urutan kedua dan ketiga masih tetap Firefox dan Internet Explorer yang terus bersaing ketat. Pada awal tahun 2016, Internet Explorer terlihat masih unggul dari Firefox dengan jumlah pengguna 16,6% dibandingkan 16,1%. Hingga akhirnya, Firefox berhasil mengungguli Internet Explorer di akhir kuartal pertama tahun 2016.