Ah, iPhone 5C Yang Tak (Jadi) Murah

iPhone 5C yang digadang-gadang ‘murah’ dan menyasar segmen menengah itu memang sudah secara resmi diluncurkan Apple bersamaan dengan iPhone 5S yang high-end.  Meski sudah bisa dipesan di Amerika Serikat mulai tanggal 13 September 2013, di Indonesia sendiri kabar mengenai kedatangan kedua iPhone versi terbaru tersebut masih belum jelas (diprediksi pada Desember 2013 atau awal tahun 2014).

iphone-5c-mahal

Satu yang jelas adalah dan hanyalah bahwa ternyata iPhone 5C tak semurah seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Harganya bukan di kisaran 3-4 juta apalagi dibawahnya, sebab menurut retail Apple Singapura, harga iPhone 5C Factory Unlock adalah sekitar Rp. 7,5 Juta (16 Giga) dan Rp. 8,7 Juta (32 Giga). Dengan demikian, bisa dipastikan harga jual di Indonesia tidak akan jauh dari situ, atau mungkin bisa justru lebih mahal seperti yang selama ini terjadi.

iphone5 rilis

Harga iPhone 5C yang dirilis di AS memang cukup lezat, yaitu sekitar $99 untuk model 16 Giga. Tapi perlu diingat bahwa itu adalah versi SU (software unlock) dengan masa kontrak selama 2 tahun. Sama juga halnya yang berlaku pada iPhone 5S, dimana versi bundling operator at&t hanyalah $199. Bandingkan dengan versi FU nya yang dipatok sekitar Rp. 8,7 Juta.

Berikut beberapa fitur iPhone terbaru 5S beserta kelebihan utamanya :

Artikel menarik:  5 Smartphone Android Tahan Air Terbaik 2017

Assisted GPS and GLONASS
Digital compass
Wi-Fi
Retina display
4-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display
1136-by-640-pixel resolution at 326 ppi
800:1 contrast ratio (typical)
Fingerprint-resistant oleophobic coating on front
Support for display of multiple languages and characters simultaneously
8 megapixels
LED flash
Backside illumination sensor
Five-element lens
Hybrid IR filter
1080p HD video recording
LED light
Video stabilization
Face detection
3x zoom
Video geotagging
Facetime Camera
Siri
+
Sensor Sidik Jari
Processor 64 Bit

Sementara untuk 5C memiliki spesifikasi yang setara dengan versi 5. Bedanya hanya pada bahan pembuat yang bukan aluminium melainkan plastik dan pilihan warna yang lebih beragam.

Kesimpulannya adalah Apple memang belum turun ‘kasta’ saat ini meski sudah mengeluarkan versi yang diklaim murah yaitu 5C, sebab pada kenyataannya versi tersbut masih merupakan ponsel high-end dengan harga yang sekelas dengan merek premium lainnya seperti Sonny Xperia Z atau Samsung Galaxy S4.

So, masih memimpikan iPhone murah?