Berita

Acer Mixed Reality, Perangkat VR & AR Sekaligus

Semakin berkembangnya teknologi, kehadiran era VR atau Virtual Reality tidak bisa dipungkiri lagi. Banyak vendor saling berlomba-lomba untuk menciptkan perangkat yang mendukung VR seperti Xiaomi, Lenovo dan masih banyak lagi. Kali ini, Acer tak ingin ketinggalan untuk menyiapkan perangkat versinya sendiri yang bertajuk Mixed Reality

Acer Mixed Reality, Perangkat VR & AR Sekaligus

Produsen asal Taiwan ini bukan tanpa alasan menamai perangkatnya dengan nama Mixed Reality, karena kacamata berbasis teknologi VR besutan Acer ini memberikan keunggulan yang mungkin baru pertama kali muncul pada sebuah perangkat VR komersial.

Mixed Reality dapat di artikan dengan menggabungkan dua teknologi ‘reality’ dalam satu perangkat sekaligus. Jadi, saat perangkat dari vendor lainnya hanya fokus pada teknologi VR saja, lain halnya dengan Acer yang menawarkan teknologi AR atau Augmented Reality dalam perangkat yang sama.

Kacamata Acer Mixed Reality bukan hanya untuk alat bermain game saja namun lebih dari itu. Banyak sekali fitur yang memanfaatkan dukungan AR pada perangkat tersebut seperti kesehatan, edukasi, dan industri. Misalnya pada sektor edukasi, saat pengguna memakai Acer Mixed Reality, ia bisa mendapatkan informasi soal pelajaran tanpa harus kehilangan fokus ketika guru sedang mengajar. Sedangkan untuk sektor kesehatan, seorang dokter dapat mengakses data-data tentang pasien sambil melakukan pengobatan dengan proses yang lebih cepat.

Artikel menarik:  Kapan Meizu M6s Masuk Indonesia?

Acer tidak sendirian dalam mengembangkan kacamata Mixed Reality sebab produsen ini menjalin kerja sama dengan Microsoft. Microsoft memang tengah gencar mengembangkan teknologi AR beberapa waktu belakangan ini, terlebih lagi jika mengacu pada teknologi HoloLens yang digarapnya. Dari sisi lainnya, kolaborasi antar Microsoft dan Acer juga memungkinkan Mixed Reality untuk digunakan pada perangkat Xbox One.

Menurut Mark Bolas selaku Director of Program Management dari pihak Microsoft mengatakan mereka sangat berterima kasih pada Acer karena telah memberi kesempatan untuk Microsoft dalam pengembangan perangkat Mixed Reality ini. Ke depannya, akan banyak orang yang dapat merasakan langsung teknologi Augmented Reality dalam kehidupan sehari-hari. Dari pihak Acer juga menambahkan jika kerja sama dengan Microsoft di harapkan dapat memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna Acer Mixed Reality.