9 User Interface Terbaik untuk Android

Siapa yang tidak tahu dengan Android? Bahkan, sebagian dari Anda juga menggunakan sistem operasi si robot hijau ini. Tak bisa dipungkiri jika Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Sementara itu, setiap kali kita mendengar tentang Android, bisa jadi Anda akan membandingkan user interface (UI) pada setiap merk smartphone. Sebelum membandingkan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu 9 user interface terbaik untuk Android.

Mungkin Anda sering mendengar istilah user interface, namun tidak tahu pasti apa yang dimaksudkan dengan istilah itu. Ada kalanya dalam kehidupan sehari-hari, Anda aktif menggunakan perangkat pintar dan internet, namun jika ditanya apakah itu user interface, Anda masih belum bisa menjawab dengan benar. Oleh karena itu, mari mengenal user interface perangkat Android secara lebih dekat.

Mengenal User Interface
Secara bahasa, user berarti pengguna, dan interface berarti antarmuka sehingga jika digabungkan maka user interface adalah antarmuka pengguna. Istilah ini biasa disebut juga dengan tampilan ikon pada sebuah smartphone. User interface menjadi bentuk tampilan grafis yang berkaitan langsung dengan pengguna.

Selain itu, user interface juga mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara pengguna dan sistem operasi sehingga smartphone bisa digunakan. User interface sendiri terdiri dari menu layar dan ikon, mouse, keyboard shortcuts, pergerakan gestur, dan command language. Kemudian, termasuk juga diantaranya komponen fisik yang berguna untuk memasukkan informasi seperti touchscreen, remote, dan game control.

Adapun jenis-jenis user interface terbagi menjadi dua jenis, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI). CLI merupakan jenis antarmuka yang menggunakan text-terminal sebagai alat untuk berinteraksi antar pengguna dan sistem operasi. Sedangkan GUI ialah jenis antarmuka yang menggunakan gambar grafik, menu, icon, dan perangkat menunjuk seperti mouse atau track ball sebagai alat bantuan untuk berinteraksi antara pengguna dan sistem operasi.

9 User Interface Terbaik Untuk Android
Bisa disimpulkan dari pengertian di atas, user interface merupakan tampilan yang akan ditampilkan kepada user untuk bisa berinteraksi dengan sistem, dalam hal ini sistem operasi Android. Sampai sekarang, sudah tersedia berbagai macam user interface di berbagai vendor smartphone, bahkan disetiap merk, akan berbeda pula user interface yang digunakan.

Misalnya Xiaomi yang memiliki user interface berupa MIUI dan Samsung yang memiliki user interface TouchWiz. Mungkin beberapa dari Sobat mengatakan jika MIUI milik Xiaomi memiliki tampilan yang bagus, tetapi ada pula yang lebih suka tampilan TouchWiz. Supaya tidak pusing memilih user interface mana yang paling bagus, mari simak daftar antarmuka pengguna paling populer dan terbaik untuk Android yang sudah kami rangkum di bawah ini:

1. MIUI

MIUI ialah user interface yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk perangkat smartphone maupun tablet merk Xiaomi. Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini dikenal sangat antusias untuk mengembangkan user interface yang khusus untuk digunakan pada setiap produknya. Meskipun saat di awal-awal, MIUI banyak menerima kritikan dan sindiran karena beberapa alasan. Namun satu hal yang paling dikenal ialah user interface terasa sangat mirip dengan iOS.

Bahkan pengguna Apple yang turut menggunakan smartphone Xiaomi pasti akan merasakan yang demikian. Namun sindiran itu, tak menghentikan kreativitas Xiaomi untuk lebih mengembangkan MIUI miliknya. Hingga saat ini, user interface tersebut telah mencapai versi MIUI 9 yang berbasis Android Nougat dan dilengkapi fitur menarik serta opsi them yang cantik.

2. Stock UI

Stock UI ialah user interface bawaan dari Google. Setiap smartphone keluaran Google seperti Google Nexus dan Android One pasti menggunakan user interface ini. Selain itu, Stoc UI terasa sangat basic tanpa adanya utak-atik tampilan apapun. Bahkan, user interface dari Google ini tergolong lebih ringan dijalankan jika dibandingkan dengan user interface lainnya karena Google tidak menambahkan service yang terlalu berat.

Smartphone yang menggunakan Stock UI tidak akan terbebani oleh berbagai aplikasi yang berjalan pada background maupun efek-efek dari tampilan lainnya seperti kebanyakan merk-merk ternama gunakan demi mempercantik tampilan antarmuka. Oleh karena itu, RAM yang tersisa pada perangkat masih lega dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan user interface bawaan dari brand ternama, karena pasti sudah dimodifikasi. Menariknya lagi, smartphone dengan Stock UI diklaim bisa memberikan performa yang lebih kuat dibandingkan dengan smartphone dengan spesifikasi sama.

3. TouchWiz

TouchWiz merupakan sistem antarmuka bawaan Samsung yang mempunyai fungsi sangat vital untuk menjalankan dan mengoperasikan smartphone atau tablet merk Samsung. Beberapa fungsi penting dalam TouchWiz ialah sebagai penghubung antar pengguna dan sistem di dalamnya, merubah tampilan menu dan dekstop dari beragam aplikasi yang terinstal di dalamnya.

Artikel menarik:  Pengertian Linux Mint

Saat ini, sudah banyak tersedia aplikasi launcher yang berasal dari TouchWiz di Google Play Store yang bisa Anda download secara gratis. Namun, kami sarankan untuk menggunakan TouchWiz original Samsung sehingga kinerja lebih stabil dan lancar, serta tidak akan membebani performa memori RAM atau ROM sehingga ponsel akan jarang mengalami eror.

4. Flyme OS

Flyme OS ialah user interface yang dikembangkan oleh Meizu untuk smartphone Android miliknya. Bagi Anda yang belum tahu darimana asal Meizu, brand ini berasal dari Negeri Tirai Bambu yaitu China. Pada dasarnya Flyme OS sangat mirip dengan iOS dan Windows Phone. Pengembangan Flyme ini telah mencapai versi Flyme OS 6.

Sementara itu, Flyme OS bisa dikatakan sebagai salah satu Flyme terbaik, terlebih lagi dengan dukungan developer dari Meizu yang secara berkala untuk melakukan update terhadap UI ini sehingga memiliki fungsionalitas yang baik dibandingkan dengan versi Stock UI.

5. Sense UI

Sense UI ialah user interface yang dikembangkan oleh HTC. Brand HTC juga termasuk salah satu produsen Android yang begitu mementingkan pengembangkan UI khusus untuk digunakan pada smartphone produksinya. Sense UI atau lebih sering dikenal dengan HTC sense, bisa dikatakan sebagai user interface yang revolusioner yang berada pada jajaran UI terbaik saat ini.

Kestabilan dari Sense UI serta peningkatan fitur dan perbaruan tampilan yang ditunjukkan oleh HTC membuat para penggunanya terkesan dengan kustomisasi tingkat atas dari Stock UI. Pengguna yang terbiasa menggunakan Stock UI pun akan merasakan perbedaan yang begitu signifikan saat menggunakan HTC Sense.

6. LG UX

LG UX adalah user interface yang dibuat oleh LG. Seperti yang telah diketahui jika LG termasuk salah satu produsen kelas atas smartphone Android yang mempunyai strategi sendiri untuk mendongkrak produk miliknya dengan mengusung tema unik pada user interface yang dikembangkannya ini. Dengan tema yang unik dan tidak sama dengan para pesaingnya, jadi tidak heran jika LG UX memiliki pengalaman tersendiri ketika menggunakannya.

Versi terbaru dari UI LG UX digunakan pada smartphone LG G6 yang mampu menampilkan layar 18:9 dan kemampuan full vusion. Sebagai contoh, peningkatan pada kamera yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto serta melakukan edit foto secara bersamaan, ataupun kemampuan multi tasking lainnya.

7. FiraOS

Sebenarnya FiraOS lebih layak disebut ROM ketimbang UI, karena pada FiraOS kustomisasi sudah sangat kompleks. FiraOS ialah user interface buatan PT. Fira Makmur Indonesia, yang berari UI ini buatan asli produk lokal. Sedangkan smartphone dan perangkat yang sudah memakai FiraOS, banyak ditemukan di perangkat Polytron untuk saat ini. selain itu, FiraOS menggunakan Android 5.1 Lollipop yang memiliki fitur lokal, sebagai contoh aplikasi pengecekan pulsa.

8. Xperia UI

Xperia UI merupakan user interface yang dikembangkan oleh Sony untuk versi ponsel Xperia Android-nya. Keunggulan dari Xperia UI salah satunya adalah menawarkan kecepatan pemrosesan yang ringan dan juga memiliki kemampuan untuk menghemat baterai lebih hemat dibandingkan dengan para pesaingnya.

Berbicara masalah desain, tampilan dari Xperia UI ini terlihat simpel dan sangat classic. Bagi pencita ponsel Sony, tema yang diusung pun akan sangat kental sekali dengan smartphone Sony. Namun sayangnya, Xperia UI ini mempunyai kelemahan pada sisi pemrosesan kameranya, yang mana menurut para penggunanya, Xperia UI kurang menghasilkan gambar yang bagus.

9. EMUI

EMUI merupakan user interface yang dikembangkan oleh Huawei. Tema yang berada di dalam EMUI adalah user interface baru yang lebih segar dan lebih canggih. Berbeda dengan para produsen Android Cina lainnya yang mendesain UI besutannya dengan gaya yang mirip dengan iOS atau Windows Phone, tampilan EMUI lebih terkesan original dan memberi kesan berbeda.

Bukan hanya itu, Huawei juga mengembangkan EMUI ini untuk dapat membedakan mana touch pada screen yang dilakukan dengan sengaja dan mana yang tidak dan melakukan aksi yang tepat pada setiap event yang terjadi. Versi terbaru EMUI sekarang adalah versi 5.0 yang berbasis Android Nougat.