9 Plugins Wajib Blog WordPress 2014

Blog WordPress dan plugins merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa plugins, blog WordPress tidak akan memiliki ‘taji’ yang cukup hebat untuk bersaing dengan yang lain. Untuk menambah plugins, Anda dapat melakukannya melalui menu “Plugins”>”Add New” di Dashboard. Untuk setiap plugins yang diinstal, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

9 Plugins Wajib Blog WordPress 2014

Berikut beberapa plugins wajib yang harus Anda tambahkan di blog WordPress milik Anda untuk mendukung optimalisasi serta memberikan proteksi yang baik :

1. All In One SEO
Plugins ini bermanfaat untuk mengoptimalisasi SEO (search engine optimization) blog Anda sehingga lebih bersahabat dengan mesin pencari. Dengan demikian, blog Anda akan lebih mudah diindek dan dikenali oleh mesin pencari.

2. WP-Super-Cache
Plugins ini bermanfaat untuk 2 hal : mempercepat loading blog dan menghemat bandwith hosting. Blog yang loading dengan cepat lebih disukai oleh mesin pencari dan pengguna. Silahkan instal plugins WP Super Cache di blog Anda. Aktifkan dan lakukan setting sebagai berikut :
– Pada menu WP Super Cache, pilih ‘Advance’, lakukan check pada “Cache hits to this website”, “Use mod_rewrite to serve cache files”, “Compress pages”, “304 not modified browser caching”, “Don’t cache pages fom known users”.
– Klik “update status”.

3. Google XML Sitemap
Sitemap sebuah blog sangat penting untuk membantu pekerjaan robot mesin pencari. Menggunakan plugins ini akan sangat bermanfaat bagi blog Anda terutama ketika jumlah halaman telah menjadi lebih banyak.

4. All In One WP Security
Wordpress sangat populer di kalangan blogger dan webmaster dan menjadi engine yang paling banyak digunakan. Tak heran jika kemudian WordPress dijadikan sasaran empuk para hacker dan cracker untuk dirusak. Sebelum blog Anda menjadi korban, sebaiknya Anda melakukan pengamanan sejak awal. Semua hal yang berhubungan dengan keamanan tersebut dapat Anda atasi dengan plugins “All In One WP Security”. Setelah menginstall plugins ini, lakukan setting sebagai berikut :
– Masuk ke dashboard plugins WP Security melalui menu di sebelah kiri seperti gambar berikut :

9 Plugins Wajib Blog WordPress 2

– Pastikan Anda mengaktifkan seluruh pilihan yang berada di bagian “Critical Feature Status” dengan mengikuti panduan yang diberikan seperti gambar berikut :

9 Plugins Wajib Blog WordPress 1

Selanjutnya, lakukan setting tambahan pada menu yang berada di samping kiri satu per satu. Ikuti seluruh petunjuk yang muncul dengan sebaik-baiknya.
Pastikan skor keamanan blog Anda berada di atas angka 100. Skor keamanan ini dapat dilihat pada bagian “Security Strenght Meter”.

Artikel berhubungan:  Pengertian Dropship : Bisnis Online Tanpa Modal

5. Fantastic Content Protector Free
Plugins ini berfungsi untuk melindungi dan meredam blog Anda dari pencurian konten menggunakan tombol dan perintah seperti klik kanan, ctrl+a, ctrl+c, ctrl+v, ctrl+x, blok tulisan dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengaktifkan plugins ini sesaat setelah menginstallnya.

6. Hupso Share Buttons for Twitter, Facebook & Google+
Di era pertemanan sosial internet seperti saat ini; klik, like, vote, retweet dan lain sebagainya merupakan hal yang cukup penting untuk meningkatkan popularitas dan kredibilitas blog. Berbagai mesin pencari menganggap aktivitas sosial dari pembaca sebagai hal yang positif. Plugins Hupso dapat membantu Anda menyisipkan berbagai tombol jaringan pertemanan sosial di blog Anda, baik di awal post, di akhir maupun di sidebar sesuai dengan setting yang Anda lakukan.

7. Contextual Related Posts
Plugins ini berfungsi untuk mencari dan menampilkan posting yang memiliki korelasi dan berhubungan dengan posting yang sedang dibaca oleh pengunjung. Seluruhnya dibuat secara
otomatis berdasarkan logika konteks posting. Selain memberikan manfaat bagi pembaca untuk mendapatkan informasi lain yang relevan, plugins “Contextual Related Posts” juga akan meningkatkan “Page Views” blog Anda yang bagus untuk SEO dan rangking Alexa.

8. Contact Form Manager
Plugins ini memiliki fungsi untuk membuat form “kontak kami” secara otomatis. Fitur yang menarik dari plugins ini adalah proses pembuatan form yang mudah dan setting pengiriman pesan yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik blog.

9. WP Sitemap Page
Jika plugins Google XML Sitemap berfungsi untuk robot mesin pencari, maka plugins “WP Sitemap Page” memiliki manfaat bagi pengunjung blog Anda karena terbaca oleh manusia. Plugins ini dibutuhkan untuk mengenerate Sitemap blog Anda secara cepat. Selanjutnya, kode yang dihasilkan oleh plugins ini dapat Anda sisipkan pada halaman “Sitemap” blog Anda.

Selain 9 plugins diatas, terdapat ribuan plugins lainnya di WordPress yang dapat digunakan secara bebas dan gratis. Beberapa plugins khusus juga tersedia dengan harga tertentu. Anda dapat menambah atau mengurangi berbagai macam plugins sesuai dengan kebutuhan pada blog milik Anda kapan pun Anda inginkan.

Semoga bermanfaat!