Tips & Trik

7 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

Pada umumnya, baterai Laptop (terutama brand terkenal) memiliki sistem dan komponen pembangun yang lebih canggih dibandingkan dengan baterai ponsel atau gadget lainnya. Dengan demikian, baterai kembung ada laptop biasanya jarang terjadi. Meski demikian, tak berarti baterai Anda bisa diperlakukan seenaknya sendiri, sebab dengan treatment yang salah bukan tidak mungkin baterai menjadi drop, lemah dan minta diganti.

Tips Merawat Baterai Laptop

Supaya tidak bertele-tele, berikut langsung kita paparkan 7 tips & cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat baterai laptop supaya awet dan tahan lama :

1. 8 jam – Pada laptop baru dengan baterai yang masih ‘perawan’, Anda disarankan untuk melakukan charge selama kurang lebih 8-10 jam pada posisi mati. Supaya mudah, lakukan charge selama 8 jam (ketika Anda tidur). Alasan melakukan hal tersebut adalah agar baterai mencapai tegangan floatingnya.
2. Control Battery – Untuk saat ini, seluruh baterai Laptop telah memiliki sistem control dimana charge akan otomatis stop jika baterai sudah full. Dengan demikian, mencolok baterai (jika memungkinkan) selama posisi hidup sangat disarankan. Alasannya mengacu kepada tips no 3 dibawah.
3. Hindari Colok Cabut – Istilah kerennya CDC (Charge discharge). Colok cabut charger baterai laptop sangat tidak disarankan karena dapat cepat membuat baterai menjadi drop.
4. 6 Menit – Biasakan untuk melakukan charge mulai dari 6 menit sebelum dan 6 menit setelah laptop digunakan. Alasannya agar baterai dapat terus kembali ke keadaan stabil setiap kali digunakan.
5. Original – Usahakan untuk selalu menggunakan adaptor charger original bawaan laptop. Charger universal atau non-original adalah penyebab utama kerusakan baterai pada laptop.
6. Suhu – Suhu ruangan yang panas atau terpapar sinar matahari secara langsung dapat membuat baterai cepat rusak. Panas adalah musuh utama semua jenis baterai tak terkecuali baterry laptop.
7. Anti kalibrasi – Jangan pernah menggunakan laptop hingga baterai 0% (mati sendiri), juga melakukan kalibrasi yang menyebabkan baterai kosong-melompong. Jika dilakukan berulang-ulang, maka Cycle Count pada baterai akan kacau sehingga baterai cepat drop.

Baterai laptop tentu saja memiliki umur pakai sama seperti baterai yang lain. Tips diatas diterapkan agar usia pakai tersebut menjadi panjang dan maksimal.

Semoga bermanfaat!