7 Tips Hemat Baterai iPhone, iPod & iPad

iOS 7 pada Apple produk seperti iPhone, iPod & iPad memang ‘wah’ dan keren. Tak salah jika ‘kekerenan’ tersebut juga menyedot baterai yang tidak sedikit. Padahal, pada berbagai macam produk Apple, tidak ditemukan produk high-capacity baterai karena baterai built-up sehingga tidak bisa diganti dan dicopot-pasang seperti hp pada umumnya. Menggunakan powerbank juga rentan karena powerbank yang salah (baca : abal2) justru dapat merusak baterai gadget Apple kesayangan Anda yang harganya cukup mahal jika harus diganti.

Tips Hemat Baterai iPhone, iPod & iPad

Nah, sebelum bingung, berikut 10 tips hemat baterai iPhone, iPod & iPad untuk iOS 7 dan bisa digunakan untuk versi iOS lainnya :

1. Disable “Background Application Refresh”
iOS 7 memiliki kemampuan bagi Apps untuk melakukan refresh konten ketika terkoneksi melalui jaringan wi-fi maupun seluler dan kerap menggunakan location services. Untuk menghemat baterai, memamtikan fitur tersebut bisa menjadi pilihan pertama yang cukup ampuh. Rubah settingan sesuai dengan kebutuhan Anda melalui Settings > General > Background App Refresh.
2. Matikan “AirDrop” apabila tidak menggunakannya.
Mematikan AirDrop sama saja dengan mematikan bluetooth dan Wi-fi ketika tidak sedang Anda gunakan. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar perangkat tidak terus-menerus mencari jaringan yang diperlukan, baik bluetooth maupun wifi yang notabene menghabiskan banyak daya. Untuk mematikannya, silahkan swipe ke akses kontrol seperti gambar berikut :

akses kontrol iphone
3. Kecerahan
Kecerahan layar merupakan ‘pemakan’ utama daya pada baterai Anda. Secara sederhana, dengan meredupkan sedikit kecerahan pada layar maka otomatis penghematan baterai akan mulai terjadi. Silahkan ke settings > Wallpapers & Brightness untuk mengaturnya.
4. Kontrol “Push Notification”
Perangkat pintar seperti iPhone, iPod dan iPad memang didesain untuk memberikan informasi dan koneksi secepat mungkin melalui fitur push notification dimana pengguna akan diberitahu jika terdapat notifikasi baru. Tentu saja fitur ini mengkonsumsi baterai karena secara otomatis perangkat akan mengecek update dan kiriman terbaru. Anda tidak perlu mematikan fungsi ‘Push Notification’. Anda hanya perlu mengatur dan mengontrolnya. Paling mudah adalah dengan set “none” bagi alert yang berasal dari app, terutama aap yang tidak terlalu penting.
5. Aktifkan ‘Reduce Motion’
Reduce Motion terbukti bermanfaat untuk membuat kinerja baterai menjadi lebih efektif yang memberikan penghematan yang lumayan. Untuk mengaktifkannya, silahkan ke Settings > General > Accessibility > Reduce Motion.
6. Hindari penggunaan Wallpaper bergerak dan full animasi
Secara default, iOS 7 memiliki fitur wallpaper yang bergerak dinamis. Background seperti ini menghabiskan baterai lebih banyak dibandingkan wallpaper reguler yang tidak bergerak. Untuk itu, pilihlah wallpaper standar non-animated. Caranya ke Settings > Wallpapers & Brightness > Choose Wallpaper.
7. Uninstall App yang tidak perlu
Terakhir, lakukan seleksi ulang terhadap berbagai app yang ada di perangkat Anda. Beberapa App yang tidak pernah Anda pakai dan tidak perlu sebaiknya dihapus. Selain melegakan kapasitas penyimpanan, uninstall app yang tidak penting juga secara tidak langsung akan menghemat baterai dari berbagai macam hal yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part