7 Smartphone Android dengan Fitur Paling Unik

Sobat Gaptex sudah tidak heran lagi jika pasar smartphone saat ini semakin merajalela karena hampir tiap pekannya. Sudah banyak vendor besar seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, dan lainnya yang mendominasi. Namun sebenarnya, ada beberapa pabrikan smartphone yang menawarkan fitur unik yang tak pernah diusung oleh vendor besar tersebut. Ingin tahu? Mari simak 7 smartphone Android dengan fitur paling unik di artikel ini.

Pada umumnya, pabrikan smartphone cenderung meluncurkan spesifikasi dan fitur yang sama seperti layar lebar, kamera jernih, desain keren, dan performa mumpuni. Selain sistem operasi dan branding, tidak ada perbedaan signifikan antara satu smartphone dengan smartphone lainnya. Masih sedikit vendor ponsel yang menonjolkan perbedaan besar.

Ya, saat ini ada sejumlah perusahaan yang menjawab tantangan tersebut dengan membuat sebuah smartphone unik dengan fitur ‘nyeleneh’. Terlepas apakah itu hanyalah gimmick atau benar-benar berguna dan juga berhasil atau tidaknya. Berikut ini daftar 7 smartphone Android dengan fitur paling unik yang bisa membuat Anda langsung tertarik.

1. RED Hydrogen One – Punya Layar Holographic

RED yang merupakan perusahaan pembuat kamera profesional, ingin mencoba peruntungan di dunia smartphone dengan menciptakan Android unik bertajuk Hydrogen One. Smartphone debut dari RED ini sudah ditanamkan spesifikasi canggih kelas atas seperti layar bak phablet 5,7 inch yang sanggup menunjukkan gambar 3D tanpa perlu menggunakan lapisan kaca khusus yang disebut dengan layar holographic.

Sementara itu, RED Hydrogen One menyediakan fitur dual kamera yang bisa Anda gunakan. Bahkan, perangkat ini telah menyiapkan aksesoris modular kamera yang diklaim siap mengimbangi kamera mirrorless kelas high end. Berbicara masalah harga, ponsel unik ini dibanderol sebesar US$ 1195 atau setara Rp 15,9 jutaan untuk varian dengan bahan aluminium. Sedangkan untuk varian titanium, Anda harus menyiapkan budget sebanyak US$ 1595 atau Rp 21,2 jutaan.

2. YotaPhone 3 – Dua Layar Depan Belakang

YotaPhone 3 merupakan smartphone unik terbaru buatan Yota, vendor smartphone asal Rusia. Sama seperti generasi sebelumnya, YotaPhone 2, seri ketiga ini juga disematkan dua layar sekaligus di depan dan belakangnya. Pada layar depan YotaPhone 3 berteknologi AMOLED seluas 5,5 inch dengan resolusi 1080 pixel. Sedangkan layar belakangnya disematkan teknologi E-Ink 5,2 inch 1280 pixel.

Smartphone berbasis Android 7.1.1 Nougat ini dilengkapi dapur pacu kelas menengah Snapdragon 625 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dengan kamera belakang 13 MP, kamera depan 12 MP dan baterai berkapasitas 3200 mAh. Mengenai harga, YotaPhone 3 tersedia dalam dua variasi pilihan yakni ROM 64 GB dengan harga US$ 350 atau setara Rp 4,6 juta, sedangkan ROM 128 GB dengan harga US$ 450 atau sekitar Rp 5,9 juta.

3. ZTE Axon M – Punya Dua Layar yang Bisa Dilipat

Smartphone Android dengan fitur paling unik terbaru tahun ini datang dari ZTE yang meluncurkan Axon M yang bisa dilipat secara vertial dengan dua layar masing-masing seluas 5,2 inch 720p. Apabila dibuka, sepintas ZTE Axon M mirip seperti dua smartphone yang berdempetan. Lebih menariknya, layar perangkat ini mampu dilipat hingga 360 derajat yang membuat ZTE Axon M menjadi smartphone multifungsi, karena mempunyai empat mode layar yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Mengenai spesifikasi dalamnya, ZTE Axon M dipersenjatai oleh chipset Snapdragon 821 yang dipadukan dengan RAM 4 GB, memori internal 64 GB dan baterai sebesar 3.180 mAh. Kemudian, ponsel berbasis Android 7.0 Nougat ini memiliki kamera beresolusi 20 MP, dan dual speaker yang dibanderol seharga US$ 725 atau sekitar Rp 9,8 juta.

Artikel menarik:  Apa itu NIC?

4. Kyocera Rafre – Dapat Dicuci Pakai Sabun
Bagi Sobat Gaptex yang suka kebersihan, maka smartphone Android satu ini sepertinya cocok untuk Anda. Pasalnya, Kyocera Rafre bisa dicuci dengan sabun tanpa mengalami kerusakan. Jadi, jika Anda merasa ponsel sudah kotor, ponsel ini bisa langsung dicuci. Memakai air hangat pun tidak ada masalah apapun. Bahkan, Anda masih bisa digunakan dalam keadaan basah.

Adapun spesifikasi Kyocera Rafre diantaranya layar seluas 5 inch beresolusi HD 720p yang dilengkapi dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Kemudian, tersemat pula kamera utama 13 MP, kamera depan 5 MP, baterai kapasitas 3.000 mAh dan telah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Jika Anda berniat membelinya, Anda pun perlu menyiapkan kocek sebesar Rp 2,5 jutaan.

5. Gionee M2017 – Dual Kamera dan Baterai

Smartphone unik lainnya ada Gionee M2017. Salah satu keunggulan utamanya adalah baterai sebesar 7.000 mAh yang terdiri 2×3.500 mAh yang berjalan simultan. Dengan kapasitas sebesar itu, smartphone mampu bertahan selama 31 jam untuk menelpon, 25 jam untuk memutar video, dan 915 jam dalam keadaan standby.

Spesifikasi yang tersemat pada Gionee M2017 adalah layar seluas 5,7 inch dengan resolusi Quad HD, chipset Qualcomm Snapdragon 653 yang dipadukan bersama RAM 6 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB, kemudian ada dual kamera utama dengan kombinasi 12 MP dan 13 MP, serta kamera depan 8 MP. Harga perangkat ini dibanderol seharga 6.999 Yuan atau sekitar Rp 13,6 juta untuk varian 128 GB dan 16.999 Yuan atau setara Rp 33 juta untuk ROM 256 GB yang diberi bonus bagian belakang berbahan kulit Aligator Italia.

6. Protruly Darling – Smartphone Pertama dengan Kamera 360 derajat

Berikutnya ada smartphone dengan built in kamera 360 derajat yang dinamakan Protrully Darling. Material ponsel ini menggunakan kulit asli dan dikelilingi strip emas yang terbuat dari 3,08 gram emas murni, yang juga tertanam empat berlian di bagian belakangnya. Darling sendiri menjadi smartphone pertama yang mengusung kamera 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto dan merekam video dalam semua arah sekaligus.

Selain itu, Anda bisa langsung mengunduh file ke situs jejaring sosial yang sudah mendukung rekeman 360 derajat, seperti Facebook dan YouTube. Spesifikasi utama Protruly Darling yaitu layar 5,5 inch beresolusi 1080 pixel, chipset MediaTek, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, kamera 13 MP fisheye pada kedua sisi, dan baterai 3.560 mAh. Kemudian, ada dua varian Darling berdasarkan penggunaan material yaitu model standar yang diharga US$600 atau Rp 7,8 jutaan dan model glitzier yang dihargai US$1300 atau Rp 16,9 jutaan.

7. NuAns Neo Reloaded

Smartphone NuAns Neo Reloaded hadir dengan desain two tone yang bisa diganti-ganti sesuai selera pengguna. Smartphone Android 7.0 Nougat dengan desain unik mengusung layar 5.2 inch yang Full HD. Berbicara soal spesifikasi, NuAns Neo Reloaded dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 16 GB, serta kapasitas baterai 3.450 mAh. Pada sisi kamera, NuAns Neo Reloaded dibekali dengan kamera belakng 13 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP. Sebelumnya ponsel ini berjuang di Kickstater Indiegogo, dan setelah biaya tercepat, ponsel ini pun dikirim pada bulan September lalu.